Kompas TV nasional rumah pemilu

Wasekjen PDIP Sebut Andika Lebih Cocok Jadi Bakal Calon Gubernur daripada Pendamping Anies

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 14:20 WIB
wasekjen-pdip-sebut-andika-lebih-cocok-jadi-bakal-calon-gubernur-daripada-pendamping-anies
Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa hadir di Rakernas PDI Perjuangan ke-V, Jumat (24/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Utut Adianto menyebut, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa lebih cocok jadi bakal calon gubernur, daripada pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. 

"Kalau Pak Anies dan Pak Andika saya enggak tahu apakah ini juga usulan dari PDI Perjuangan. Kalau disebutkan, saya tidak ingin berbantahan kader partai kami. Kalau usulan kan dari mana-mana. Tapi kan Pak Andika panglima TNI, kalau untuk jadi wagub hemat saya nanti, menurut saya enggak pas lah. Kalau dia mau ya jadi gubernur," kata Utut di gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, Andika cocok ketika nantinya dicalonkan di Pilkada Jawa Tengah. Hal ini mengingat nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi digadang-gadang akan meramaikan pesta demokrasi tersebut.

Baca Juga: Nama Andika Perkasa Masuk Radar PDIP Untuk Maju Pilkada Jakarta, Ini Kata Puan

"Sekarang ada Kapolda Jawa Tengah Pak Luthfi mau maju gubernur, kalau hemat saya Pak Andika bersedia, Pak Andika bisa ke Jawa Tengah, kenapa enggak Jakarta? Nanti kan mozaiknya beda, Jawa Tengah itu pemilihnya sekitar 28,5 juta. Kalau Pak Andika ke sana, Pak Andika memberi rasa aman kepada kader-kader PDI Perjuangan seluruh Jawa Tengah," ujarnya. 

Meski begitu, dirinya tak dapat memastikan di daerah mana Andika Perkasa bakal dicalonkan partainya.

"Tentu beliaunya juga harus, kalau pemain bola harus lari-lari kecil, pemanasan, wilayahnya mana? Nanti kita cek," katanya. 


Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menjadi salah satu bakal calon gubernur dari partainya untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024. 

"(Andika) Menjadi salah satu nama yang kemudian kami coba masukkan dalam salah satu calon," kata Puan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/7/2024). 

Baca Juga: Puan: Andika Perkasa Masuk Radar PDIP Maju di Pilkada Jakarta

Puan mengatakan, pihaknya sedang menguji elektabilitas dan kompetensi Andika agar nantinya bisa diterima oleh partai politik lainnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x