Kompas TV nasional peristiwa

Kejar Upacara HUT ke-79 RI, Memorial Park IKN Ditargetkan Rampung 16 Agustus 2024

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 08:27 WIB
kejar-upacara-hut-ke-79-ri-memorial-park-ikn-ditargetkan-rampung-16-agustus-2024
Memorial Park di Ibu Kota Nusantara. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan target penyelesaian pembangunan Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 16 Agustus 2024.

Penetapan tanggal ini bukan tanpa alasan, mengingat satu hari setelahnya akan digelar upacara peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang direncanakan berlangsung secara hybrid di IKN dan Jakarta.

Menteri PUPR juga menekankan pentingnya pengindahan Memorial Park untuk segera dilaksanakan, dengan instruksi khusus agar penanaman dimulai tanpa menunggu seluruh pekerjaan konstruksi selesai.

"Saya minta untuk mulai ditanami, jangan tunggu pekerjaan selesai biar kelihatan hidup. Saya minta pertengahan Juli sudah rapi, ambience terlihat mau seperti apa," tambah Basuki dikutip dari Antara, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Logo HUT ke-79 RI Diluncurkan, Punya Makna dan Filosofi Nusantara Baru Indonesia Maju

Apa Fungsi Memorial Park IKN?

Memorial Park dibangun sebagai simbol penghormatan kepada para pahlawan pendiri bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Lokasinya yang terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara diharapkan menjadi focal point di IKN yang mampu menarik perhatian masyarakat dan tamu negara.

Proyek senilai Rp335 miliar ini dikerjakan oleh Nindya Karya - Penta KSO, mencakup area seluas 2.034 m2 yang terdiri dari altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga seluas 344 m2.

Dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap, area terbuka Memorial Park dirancang untuk dapat menampung hingga 1.000 orang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Soroti Izin Konser di Indonesia Rumit

Hingga saat ini, progress pembangunan Memorial Park telah mencapai:

  • Pekerjaan struktur: 40%
  • Pengerjaan patung: 61%
  • Struktur Bukit Bendera: 50%
  • Tiang bendera: 50%
  • Pekerjaan fisik Beranda Nusantara: 65%

Beranda Nusantara, yang merupakan bagian integral dari kompleks ini, direncanakan sebagai lokasi alternatif untuk upacara HUT Ke-79 RI jika terjadi hujan.

"Saya minta untuk dipercepat, tambah lagi pekerjanya. Minggu kedua Juli saya harap sudah selesai," tegas Basuki.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x