Kompas TV nasional politik

Amien Rais Ingin Pilpres Dipilih oleh MPR, Gerindra: Enggak Gampang

Kompas.tv - 7 Juni 2024, 09:56 WIB
amien-rais-ingin-pilpres-dipilih-oleh-mpr-gerindra-enggak-gampang
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman di kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman merespons usulan Ketua MPR periode 1999-2004 Amien Rais yang mengusulkan agar pemilihan presiden (pilpres) kembali dipilih oleh MPR. 

Menurut dia, untuk mengembalikan sistem pemilihan itu tak mudah, karena itu akan melalui proses yang amat panjang dan akan menimbulkan gejolak politik.

"Masih jauh ya, pembahasannya masih jauh ya. Karena kita enggak gampang karena kan pemilu dari memilih dipilih MPR ke DPR itu kan proses yang sangat sangat panjang dan itu peristiwa politik yang amat besar yaitu reformasi 98," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

Ia menilai, amendemen UUD 1945 pada 1998 merupakan peristiwa politik yang ekstrem pasca reformasi.

Baca Juga: All Out Dukung Khofifah-Emil di Pilkada Jawa Timur, Gibran: Dulu di Pilpres Total mendukung Saya

"Apakah kita kembali lagi ke MPR artinya kita extreme to extreme to extreme lagi kan. Apakah ada solusi yang lain, tidak murni seperti 98 ke belakang ya kan. Di zaman orde baru tapi ada semacam jalan tengahnya tapi kita harus perhatikan ini yang paling penting aspirasi publik," katanya.

Ia mengimbau bila memang wacana amendemen UUD 1945 itu akan ditindaklanjuti, sebaiknya peran serta masyarakat dalam pembahasannya harus dilibatkan penuh.

"Pendapat masyarakat tuh seperti apa soal pemilihan umum presiden dan wakil presiden ini. Apakah sudah capek dengan gaya pilpres yang melelahkan seperti 3 pemilu terakhir atau memang tetep happy masyarakatnya," ujarnya.

Dia menyebut untuk kalangan politisi sebenarnya sudah lelah dengan sistem pemilu langsung.

"Kalau di tingkat politisi kaya kami nih yang bertempur di pilpres tentu sangat melelahkan model pilpres dipilih langsung oleh rakyat. Tapi kan kami tidak bisa memutus hanya berdasarkan kepentingan dan situasi kami melihat aspirasi publik aspirasi masyarakat seperti apa. Apakah mereka merasa haknya diambil kan tidak bisa juga kita sewenang wenang seperti itu," kata dia.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku setuju jika sistem pilpres dikembalikan ke MPR seperti sebelum era reformasi. 

Hal itu ia sampaikan usai bersilaturahim dengan pimpinan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024). 

Amien mengaku naif ketika dulu mengubah sistem pemilihan presiden dari tidak langsung menjadi langsung, dengan harapan dapat menekan terjadinya politik uang. 

"Jadi mengapa dulu saya selaku ketua MPR itu, melucuti kekuasaannya sebagai lembaga tertinggi yang memilih presiden, dan wakil presiden, itu karena penghitungan kami dulu perhitungannya agak naif," kata Amien.


"Sekarang saya minta maaf. Jadi dulu, itu kita mengatakan kalau dipilih langsung one man one vote, mana mungkin ada orang mau menyogok 120 juta pemilih, mana mungkin? Perlu puluhan mungkin ratusan triliun. Ternyata mungkin. Nah itu." 

Baca Juga: PDIP Tak Setuju Wacana Pemilihan Presiden Kembali Dipilih oleh MPR, Hasto Ungkap Pesan Megawati
 
Amien pun setuju jika UUD 1945 kembali diamendemen untuk mengubah aturan pilpres. 

"Itu (politik menyogok) luar biasa. Jadi sekarang kalau mau dikembalikan dipilih MPR, mengapa tidak?" ujarnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x