Kompas TV nasional hukum

Tanggapi Dirinya Dilaporkan ke KPK, Khofifah: Kita Lihat Saja Posisinya, Saya Juga Baru Dengar

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 22:35 WIB
tanggapi-dirinya-dilaporkan-ke-kpk-khofifah-kita-lihat-saja-posisinya-saya-juga-baru-dengar
Bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak bertemu dengan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo untuk menerima surat dukungan dalam Pilgub Jawa Timur 2024, di DPP Partai Perindo, Rabu (22/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV/Bongga Wangga)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa buka suara menanggapi adanya laporan oleh Forum Komunikasi masyarakat Sipil (FKMS) terhadap dirinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Khofifah mengaku belum megetahui jika dirinya dilaporkan ke lembaga antirasuah. Namun, ia menyebut akan memantau kelanjutan proses pelaporan itu.

"Ya, kita lihat saja posisinya. Saya juga baru dengar ini," kata Khofifah kepada wartawan di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jakarta, Selasa (4/6/2024), dikutip Kompas.com.

Sebelumnya diberitakan Kompas.TV, FKMS melaporkan Khofifah Indar Parawansa ke KPK pada Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: Jadi Saksi di Sidang Korupsi Kementan, Febri Diansyah: Dicekal KPK saat Jadi Pengacara SYL

Sutikno selaku Ketua FKMS mengatakan pihaknya melaporkan Khofifah dalam kapasitasnya sebagai Menteri Sosial RI (Mensos) periode 2014-2018.

Menurutnya, pihaknya kembali mendatangi KPK setelah laporan yang disampaikannya enam tahun lalu tidak ada tindak lanjutnya.

“Kami mendatangi KPK lagi setelah 6 tahun yang lalu kami datang membuat pelaporan dan ternyata sampai hari ini tidak ada tindak lanjut, kami datang lagi untuk menyampaikan bukti baru,” ucapnya.

Ia menambahkan, laporan yang diajukan tersebut berkaitan dengan Program Verifikasi dan Validasi Orang Miskin tahun 2015.

“Ini tahun di Kemensos tahun 2015, program verifikasi dan validasi orang miskin. Yang kita laporkan pertama menterinya yaitu Khofifah Indar Parawansa, kedua PPK-nya dan KPA-nya.”

Baca Juga: Analisis Pakar Komunikasi Politik Soal Peluang Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Terpisah, Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, membenarkan adanya laporan tersebut. Menurutnya, KPK akan mendalami laporan itu.

“Tapi prinsipnya tentu KPK pasti dalami ya, data, informasi, yang diterima tersebut untuk memastikan apakah sesuai dengan syarat dari laporan masyarakat,” tuturnya.

“Termasuk substansinya juga dilakukan pengayaan (cek) lebih lanjut terkait dugaan korupsi yang dilaporkan oleh masyarakat tersebut oleh bagian pengaduan masyarakat KPK.”



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x