Kompas TV nasional rumah pemilu

Menko Hadi Ingatkan Kembali di Pilkada 2024 ASN, TNI-Polri Harus Netral dan Bekerja di Koridor Hukum

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 18:00 WIB
menko-hadi-ingatkan-kembali-di-pilkada-2024-asn-tni-polri-harus-netral-dan-bekerja-di-koridor-hukum
Menkopolhukam Hadi Tjahjanto memberi pengarahan kepada personel TNI-Polri dalam kesiapan pengamanan tahapan Pilkada Serentak 2024. (Sumber: Humas Kemenkopolhukam)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mewanti-wanti personel TNI-Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dalam setiap proses tahapan Pilkada 2024.

Hadi menegaskan sikap dan perilaku netral perlu ditunjukkan ASN, TNI, dan Polri agar tidak terjadi permasalahan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 yang dapat memengaruhi legitimasi masyarakat pada hasil pemilu. 

Mantan Panglima TNI ini mengingatkan jika ASN, TNI-Polri tidak netral dalam Pilkada serentak 2024, tentunya kualitas demokrasi akan terganggu. 

Legitimasi masyarakat sudah pasti bakal menurun terhadap hasil pemilu, pemerintah, maupun kepada penyelenggara pemilu.

"Saya kembali mengingatkan kepada seluruh ASN, TNI, dan Polri, dalam menjalankan tupoksinya (tugas pokok dan fungsi) harus bersifat netral dan bekerja sesuai dengan koridor hukum yang berlaku," ujar Hadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga: Kata Gibran Rakabuming soal Arahan Dukungan Jelang Pilkada 2024 ke Relawan

Hadi juga menjelaskan potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di tengah tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 harus menjadi perhatian bagi personel TNI-Polri maupun ASN. 

Beberapa faktor pemicu gangguan Kamtibmas yakni, keberpihakan penyelenggara yang tentunya tidak taat regulasi atau keberpihakan aparat keamanan kepada salah satu paslon bisa menimbulkan konflik sosial di tengah masyarakat.

Kemudian gangguan keamanan di salah satu daerah yang menimbulkan situasi yang tidak kondusif, dapat mengancam penyelenggara pilkada dan membuat pilkada tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan bisa tertunda. 

Selanjutnya politik identitas dan uang, provokasi melalui media sosial, ujaran kebencian atau hate speech hingga beredarnya berita bohong, adalah tantangan lainnya yang akan dihadapi dalam tahapan Pilkada. 

Untuk itu sinergitas seluruh komponen bangsa dan negara dalam menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan, adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Minta Peran Intelijen di Pilkada 2024 Tajam Antisipasi Konflik, Menko Hadi: Jangan Harap Bantuan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x