Kompas TV nasional rumah pemilu

Sudirman Said Berencana Maju Pilgub DKI, Mardani PKS Saran Berembuk Dulu dengan Anies

Kompas.tv - 21 Mei 2024, 05:45 WIB
sudirman-said-berencana-maju-pilgub-dki-mardani-pks-saran-berembuk-dulu-dengan-anies
Foto arsip. Anies Baswedan saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama Sudirman Said makan siang bersama di kawasan Menteng, Selasa (26/6/2018). (Sumber: KOMPAS.com/JESSI CARINA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin, Sudirman Said berencana maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Sudirman diketahui telah mengirim tim pemenangan ke KPU DKI Jakarta untuk berkonsultasi perihal pencalonan kepala daerah di pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. 

Rencana Sudirman Said maju di Pilgub DKI mendapat respons positif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjelaskan komunikasi PKS dengan Sudirman tetap terjalin baik. Termasuk jika ke depan Sudirman Said ingin mendaftar sebagai kandidat bakal calon kepala daerah di DPP PKS. 

Menurut Mardani, PKS memang sedang menjaring kandidat bakal calon kepala daerah di Pigub DKI. Fokus penjaringan yang dilakukan PKS yakni mengutamakan kader internal partai. 

Baca Juga: Kata Heru Budi Soal Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024

Namun tidak menutup kemungkinan seiring berjalannya waktu dinamika politik berkembang, PKS mencalonkan kandidat untuk Pilgub DKI dari luar partai. 

Jika nantinya nama Sudirman masuk dalam penjaringan PKS, mantan Menteri ESDM itu perlu berkomunikasi dengan Anies Baswedan. 

Sebab PKS tetap membuka pintu jika Anies ingin melanjutkan program pembangunan Jakarta. Terlebih nantinya Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota dan menjadi daerah khusus. 

"Mas Dirman dan Mas Anies itu kawan dekat yang sudah lama sekali. Dua-duanya punya kelebihan. Tapi kalau Mas Anies mau (maju) enggak terpikir Mas Dirman maju juga. Tapi kalau Mas Dirman maju, mudah-mudahan Mas Anies malah dukung Mas Dirman, misalnya," ujar Mardani di Gedung DPR RI, Senin (20/5/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x