Kompas TV nasional humaniora

Ini Fasilitas Hotel Jemaah Haji di Madinah, Paling Jauh 350 Meter dari Masjid Nabawi

Kompas.tv - 12 Mei 2024, 14:32 WIB
ini-fasilitas-hotel-jemaah-haji-di-madinah-paling-jauh-350-meter-dari-masjid-nabawi
Petugas periksa fasilitas kamar hotel jemaah calon haji Indonesia di Sektor 2, Madinah. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

MADINAH, KOMPAS.TV- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah memastikan seluruh hotel yang berada di Madinah sudah siap ditempati jemaah calon haji Indonesia. Mereka dijadwalkan akan mulai datang secara bertahap pada 12 Mei 2024.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Ali Machzumi memastikan seluruh layanan akomodasi telah siap menyambut kedatangan jemaah calon haji. Para petugas di masing-masing sektor juga sudah bersiaga.

Menurut Ali, hotel untuk jemaah calon haji Indonesia seluruhnya berada di wilayah Markaziyah, dengan jarak paling dekat dengan Masjid Nabawi sekitar 50 meter dan terjauh 350 meter. 

Markaziyah merupakan area terdekat yang mengelilingi Masjid Nabawi di Madinah, titik terluar Markaziyah jaraknya sekitar 1.400 meter dari masjid Nabawi.

Baca Juga: Daftar Obat-obatan yang Wajib Dibawa ke Tanah Suci Saat Ibadah Haji

"Jarak hotel ke Masjid Nabawi mulai dari 50 meter sampai yang agak jauh sedikit sekitar 350 meter. Jadi Insya Allah nanti jamaah haji sudah kita persiapkan semuanya," kata Ali di Madinah, Sabtu (11/5/2024). 

Ia menjelaskan, bahwa PPIH sudah menyiapkan 106 hotel di Madinah yang akan menampung 90.000 jemaah calon haji gelombang pertama. 

Ada dua gelombang kedatangan jemaah. Pertama, dari Tanah Air tiba di Madinah. Kedua, dari Tanah Air, tiba di Jeddah.

Menurutnya, seluruh hotel jemaah calon haji Indonesia di Madinah terbagi dalam tiga wilayah markaziyah. Pertama, Markaziyah Janubiyah yang berada di sebelah selatan Masjid Nabawi. 

Baca Juga: Penerbitan Visa Calon Jemaah Haji Hampir Selesai, Kemenag Harap Tak Ada Lagi yang Batal Berangkat

Kedua, Markaziyah Syamaliyah yang berada di sebelah utara Masjid Nabawi. Lalu, Markaziyah Gharbiyah yang berada di sebelah barat Masjid Nabawi.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x