Kompas TV nasional peristiwa

Info Cuaca Hari Ini Minggu 12 Mei, Sejumlah Wilayah Hujan Ringan hingga Sedang, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 12 Mei 2024, 08:47 WIB
info-cuaca-hari-ini-minggu-12-mei-sejumlah-wilayah-hujan-ringan-hingga-sedang-ada-di-mana-saja
Ilustrasi hujan dan angin kencang. BMKG mengimbau waspada potensi cuaca ekstrem berupa angin puting beliung, kilat dan petir serta hujan es di musim Pancaroba (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada hari ini, Minggu (12/5/2024).

Berdasarkan informasi dari situs BMKG Jakarta, ibu kota provinsi yang berpotensi hujan ringan pada siang hari meliputi Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sementara itu, Kota Bandung diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang pada hari ini. Suhu udara di Bandung diperkirakan berkisar antara 19-27 derajat Celcius dengan kelembapan 60-95 persen.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan disertai petir yang dapat terjadi di wilayah Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, dan Mamuju pada siang dan malam hari.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Buruk, Masuk 3 Besar Dunia

Beberapa wilayah lain diprediksi akan mengalami kondisi berawan seperti Manado, Ternate, dan Palangkaraya. Sementara wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi cerah berawan. Adapun Kota Tarakan diprakirakan cerah dengan suhu 25-30 derajat Celcius.

Potensi Cuaca Ekstrem Meningkat

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebagaimana dikutip dari Antara, menyampaikan bahwa potensi cuaca ekstrem yang dapat berujung pada bencana alam meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan.

Hal ini dipicu oleh adanya intervensi tiga bibit siklon tropis, yaitu 91S, 94S, dan 93P yang termonitor di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, sehingga mempengaruhi wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memprediksi risiko bahaya gelombang tinggi di sebagian besar wilayah pesisir Indonesia pada hari ini hingga besok, Senin (13/5).

Baca Juga: PJ Gubernur dan Kapolda Jabar Tinjau Kondisi Korban Laka Bus SMK Depok di RSUD Subang

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari arah Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 6-15 knot, sedangkan di wilayah selatan bergerak dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan 18-25 knot. Kecepatan angin tertinggi diperkirakan berada di Laut Arafuru.


 



Sumber : bmkg.go.id, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x