Kompas TV nasional hukum

Polisi Sebut Rumah Rehat Firli Bahuri di Kertanegara 46 Disewa Alex Tirta

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 19:29 WIB
polisi-sebut-rumah-rehat-firli-bahuri-di-kertanegara-46-disewa-alex-tirta
Rumah di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan yang disewa oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Polda Metro Jaya mengungkapkan rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan disewa Alex Tirta.  (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya mengungkapkan rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), yang digeledah penyidik, tidak disewa langsung oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Filri Bahuri.

Menurut penjelasan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, rumah tersebut disewa atas nama Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta dari pemilik rumah berinisial E.

"Pemilik rumah Kertanegara nomor 46 adalah E dan yang menyewa rumah dari E adalah Alex Tirta," kata Ade, dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023), dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, ia berujar, Alex Tirta yang juga Ketua Harian PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyewa rumah tersebut seharga kisaran Rp650 juta per tahun.

Ade mengatakan rumah yang telah dibayar oleh Alex itu kemudian digunakan oleh Firli.

Baca Juga: Firli Bahuri Bantah Bertemu Syahrul Yasin Limpo di Rumah Kertanegara: Itu Hanya Tempat Istirahat

Diberitakan sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut rumah yang digeledah di Jalan Kertanegara nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, adalah rumah sewa dari Ketua KPK Firli Bahuri.

"Betul, jadi untuk identifikasi rumah di Jalan Kertanegara tersebut disewa oleh Ketua KPK," kata  Ade Safri, Jumat (27/10).

Namun demikian, ia tidak menjelaskan alasan Firli Bahuri menyewa rumah tersebut.  Ade hanya menjelaskan sudah memeriksa pemilik rumah berinisial E.

Sementara itu, Firli Bahuri sebelumnya juga telah buka suara terkait rumah Jalan Kertanegara nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tersebut.

Pimpinan KPK ini menyebut rumah tersebut dijadikan tempat istirahat ketika ia sedang ada kegiatan di sekitar daerah Jakarta.

“Itu hanya tempat istirahat kalau seandainya saya ada kegiatan di Jakarta,” katanya di GBK Arena, Jakarta, Minggu (29/10).


Seperti diketahui, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggeledah sebuah rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/10). 

Penggeledahan ini dilakukan dalam rangka penyidikan dugaan tindak pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Baca Juga: Meskipun Ketua KPK Firli Bahuri Bantah, tapi SYL Benarkan Pernah Bertemu di Rumah Kertanegara Jaksel

 




Sumber : Kompas TV/Antara.




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x