Kompas TV nasional politik

Sebut Selama 78 Tahun Merdeka Sudah Banyak Presiden Bekerja, Anies: Pemerataan Harus Diperhatikan

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 19:05 WIB
sebut-selama-78-tahun-merdeka-sudah-banyak-presiden-bekerja-anies-pemerataan-harus-diperhatikan
Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, saat mengikuti perlombaan gebuk bantal dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia sudah merdeka selama 78 tahun, dan sudah banyak presiden yang berkarya selama kurun waktu tersebut. Ke depannya, yang perlu mendapat perhatian adalah pemerataan.

Pendapat itu disampaikan oleh bakal Calon Presiden RI dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, di Waduk Lebak Bulus, Kamis (17/8/2023).

Menurut Anies, kemajuan yang terjadi di Indonesia bukan hanya karya satu orang, melainkan berasal dari jutaan ide dan gagasan lintas generasi.

"Kita merdeka bukan lima tahun yang lalu. Kita merdeka 78 tahun yang lalu, dan selama 78 tahun itu, sudah banyak presiden bekerja, ada jutaan orang yang sudah berkarya. Ini bukan karya satu orang, ini bukan karya satu presiden," kata dia.

Anies menjelaskan selama kurun waktu 78 tahun, masyarakat Indonesia secara rutin lima tahun sekali turut menentukan apa yang selanjutnya akan diraih dan dikerjakan pemerintah.

Baca Juga: Iring-iringan Kirab Budaya Kereta Kencana di Istana Merdeka Jakarta Usai Upacara Penurunan Bendera

Hal itu, menurut dia merupakan wujud dari keberlanjutan, dan dalam keberlanjutan, sudah pasti ada perubahan.

"Jadi, ke depan, saya yakin, yang jadi rujukan adalah konstitusi kita. Apa yang dirancang oleh para pendiri Republik ini. Itu yang jadi pegangan," ungkap Anies.

"Jadi ke depannya itu, janji kemerdekaan itu, yang menurut saya perlu menjadi perhatian, justru aspek keadilan, aspek kesetaraan, aspek pemerataan. Itu yang harus kita perhatikan," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dikutip Kompas.com.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x