Kompas TV nasional politik

Cerita Megawati Dapat Julukan Wanita Terkuat di Dunia: Tinggal Satu-satunya

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 15:50 WIB
cerita-megawati-dapat-julukan-wanita-terkuat-di-dunia-tinggal-satu-satunya
Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Kapal Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati dan Kapal Kesehatan Rakyat di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bercerita mengenai julukan sebagai wanita terkuat di dunia yang diterimanya.

Hal itu disampaikan saat ia memberikan sambutan dalam acara peresmian Kapal Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati dan Kapal Kesehatan Rakyat di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Mulanya Presiden Indonesia ke-5 itu menjelaskan soal alasannya memberikan nama Laksamana Malahayati kepada kapal rumah sakit yang diresmikan siang tadi.

Nama tersebut, kata Megawati, diambil dari nama pahlawan nasional perempuan dari Aceh, yakni Laksamana Malahayati yang merupakan seorang pejuang.

“Kenapa saya kasih nama Malahayati karena saya kagum sekali sama Ibu Malahayati, saya baca sejarahnya," ujarnya.

"Jadi dia ini bukan laksamana simbolis lho, dia laksamana betul. Karena ketika bapaknya yang katanya raja yang juga laksamana, itu gugur, digantikan oleh beliau. Dijadikan oleh rakyatnya, pengikutnya untuk menjadi laksamana tempur. Dan beliau bisa tempur dengan Cornelis Houtman."

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pengarah BRIN ini menyebut, nama Malahayati dipilih agar membangkitkan semangat kaum perempuan Indonesia.

“Jadi saya selalu memberi, membangkitkan semangat kaum perempuan Indonesia,” katanya.

Selain Malahayati, Megawati menyebut masih banyak wanita Indonesia yang bisa dijadikan role model atau teladan dalam membangkitkan semangat, salah satunya, adalah dirinya.

"Kadang-kadang saya sendiri heran wong contohnya sudah ada, contoh saya saja, apa yang kurang saya? Bukan membanggakan diri, menyombongkan lho, ini contoh perempuan," tuturnya.

Baca Juga: Momen Megawati Pecahkan Kendi saat Resmikan Kapal RS Terapung Malahayati



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x