Kompas TV nasional hukum

Pakar Hukum Pidana Apresiasi Hakim Gabungkan Sidang Eliezer, Ricky dan Kuat, Ini Alasannya

Kompas.tv - 5 November 2022, 20:51 WIB
pakar-hukum-pidana-apresiasi-hakim-gabungkan-sidang-eliezer-ricky-dan-kuat-ini-alasannya
Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Richard Eliezer menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). (Sumber: Kompas.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Keputusan ketua majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) yang akan menggabungkan Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf dalam satu sidang pada Senin (7/11/2022) menimbulkan pro dan kontra.

Sebagian masyarakat menilai keputusan itu tidak tepat karena Richard Eliezer adalah justice collaborator (JC) dalam sidang kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Pakar hukum pidana Universitas Tarumanegara Hery Firmansyah pun angkat bicara. Ia justru mengapresiasi keputusan hakim yang akan menggabungkan sidang tiga terdakwa sekaligus.

“Memang terjadi pro dan kontra, ada yang melihat Eliezer sebagai JC, dan kekhawatiran kedua, takut ada tekanan, seakan ada dua lawan satu,” ujarnya, Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga: Inilah Sejumlah Perbedaan Keterangan Antara Eliezer dengan Susi, Siapakah yang Benar?

Kendati demikian, jika melihat dari asas peradilan cepat, ia beranggapan keputusan majelis hakim ini efisien. Melalui penggabungan sidang ini juga Hery beranggapan bisa jadi hakim belum menjadikan Eliezer sebagai JC.

“Ketika dihadapkan dengan yang lain sangat penting, ada pembuktian mutlak, dalam konteks ini ada sistem ekual, hakim tidak ingin membeda-bedakan satu terdakwa dengan terdakwa lain, sebelum akhirnya hakim merasa yakin, dalam membuat putusan hakim tidak hanya berdasarkan fakta,” tutur Hery.

Ia mengajak masyarakat melihat keputusan hakim menggabungkan sidang sebagai pemikiran yang adil. Artinya, jangan berpikir dua lawan satu sebab kebenaran pasti akan terungkap.


 

Mengapresiasi keputusan hakim untuk menggabungkan sidang bukan berarti tidak memedulikan posisi Eliezer sebagai JC. Justru Hery merasa penggabungan sidang akan membuat sidang semakin terang-benderang.

“Terdakwa juga punya kuasa hukum jika ada pertanyaan yang menekan bisa penasihat hukum yang menyampaikan,” kata Hery.

Baca Juga: Soal Penggabungan Sidang Penguak Fakta Eliezer dengan RR dan Kuat, Ini Tanggapan Asep Iwan Iriawan!

Dalam sidang gabungan juga bisa dikroscek keterangan masing-masing terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Misal, Ricky Rizal yang mengaku tidak tahu-menahu soal perintah Ferdy Sambo dan dalam sidang besok Eliezer bisa menjawabnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x