Kompas TV nasional peristiwa

7 Poin Rekomendasi dari Audit Stadion Kanjuruhan PUPR dari Akses Darurat Sampai Toilet

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 16:57 WIB
7-poin-rekomendasi-dari-audit-stadion-kanjuruhan-pupr-dari-akses-darurat-sampai-toilet
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan 7 poin rekomendasi hasil audit Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (13/10/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube KOMPAS TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

MALANG, KOMPAS.TV - Kementeria Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengaudit Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur selama tiga hari. Dari auditnya, Kementerian menyampaikan tujuh poin rekomendasi untuk renovasi total. 

"Jadi, ada tujuh rekomendasi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melihat langsung stadion bersama Menpora, Kamis (13/10/2022). "Yang tiga berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan. Yang keseluruhan tujuh itu akan kita gunakan tugas kelanjutan presiden merekap dan merenovasi total Stadion Kanjuruhan ini." 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta jajaran kabinetnya untuk mengaudit Stadion Kanjuruhan, lokasi tragedi 1 Oktober 2022 yang dikatakan menewaskan 132 orang. 

Baca Juga: Komnas HAM: Pintu 13 Stadion Kanjuruhan Sedikit Terbuka Saat Kericuhan Terjadi!

Jokowi sempat menyorot curamnya tangga ke pintu keluar dan fasilitas-fasilitas stadion lain yang belum menemui standar FIFA. 


Basuki menyebut tiga rekomendasi teknis yang dimaksud adalah tangga pada tribun ekonomi yang tidak ada, pintu keluar/masuk yang cocok untuk situasi darurat. 

Baca Juga: Pemkab Malang Ajukan Pendanaan Rp580 Miliar untuk Renovasi Stadion Kanjuruhan

"Yang ketiga, tidak ada pintu darurat. Yang ada pintu servis. Ada enam pintu yang bisa untuk ambulans, kebakaran, dan sebagainya. Tetapi tidak bisa diakses oleh penonton di tribun," tuturnya.

Selain tiga aspek tersebut, ada empat temuan lain yang didapat ia dan timnya. Empat aspek tersebut antara lain penerangan, kamar kecil, pagar pembatas lapangan, dan perimeter di luar stadion.

"Jadi penonton dari mobil, langsung bleng begitu saja masuk di pintu. Tidak seperti di stadion lain, di Manahan misalnya. Di Patriot Bekasi juga. Apalagi di Gelora Bung Karno," imbuhnya.

Baca Juga: Aremania Ini Diduga Depresi dan Enggan Tinggalkan Stadion Kanjuruhan Usai Tiga Temannya jadi Korban

Bupati Malang Muhammad Sanusi juga mengungkapkan pihaknya sudah mengajukan pendanaan sekitar Rp580 miliar untuk biaya renovasi Stadion Kanjuruhan. 

Selain itu, Sanusi menyebut punya rencana untuk membangun monumen untuk mengenang para korban Tragedi Kanjuruhan. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x