Kompas TV nasional peristiwa

Usai Ketemu Putin, Jokowi Langsung Terbang ke Abu Dhabi untuk Bahas Investasi

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 06:09 WIB
usai-ketemu-putin-jokowi-langsung-terbang-ke-abu-dhabi-untuk-bahas-investasi
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat akan bertolak ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, dari Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Sumber: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo  bertolak menuju Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), usai bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia, Kamis (30/6).

Jokowi tampak memakai kemeja berwarna hitam kombinasi baju putih, sedangkan iriana membawa seikat bunga. 

Dari Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, rombongan Presiden lepas landas dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Menurut siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat dini hari, di Abu Dhabi, Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Agendanya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi.

Selain itu, juga akan membicarakan soal investasi antara Indonesia dan PEA.

Baca Juga: Bertemu Jokowi di Moskow, Putin Tegaskan Indonesia Merupakan Mitra Utama Rusia Sejak Lama

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara dalam penerbangan ke Abu Dhabi, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV tiba Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia sekitar pukul 11.00 waktu setempat atau 15.00 WIB, Kamis (30/6/2022).

Presiden Indonesia Joko Widodo pun melakukan pertemuan dengan Vladimir Putin.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menegaskan posisi Indonesia yang mendukung agar produk pangan Rusia dan Ukraina kembali masuk rantai pasok dunia, termasuk produk ekspor pangan Rusia.

"Demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina kembali masuk dalam rantai pasok dunia," tandas Jokowi.

Hal itu diungkapkan Jokowi pada konferensi pers usai melakukan pembicaraan bilateral dengan Putin di Moskow, Kamis (30/6/2022).

"Indonesia tidak punya kepentingan apa pun, kecuali perang dapat segera selesai, dan agar rantai pasok pangan dan pupuk dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, miliaran manusia," kata presiden. 

Presiden Jokowi juga menyambut baik jaminan keamanan Rusia atas ekspor gandum dan produk pangan Ukraina.

Khusus untuk jalur produk eskpor Ukraina, terutama jalur laut, ungkap Jokowi, Presiden Putin sudah memberikan jaminan keamanan.




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x