Kompas TV nasional peristiwa

Kondisi Arus Mudik 2022: Pemudik Jalur Kalimalang Naik 30 Persen, Tol Dalam Kota Terpantau Padat

Kompas.tv - 29 April 2022, 03:37 WIB
kondisi-arus-mudik-2022-pemudik-jalur-kalimalang-naik-30-persen-tol-dalam-kota-terpantau-padat
Kondisi arus mudik di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta pada Jumat (29/4/2022) dini hari terpantau padat. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puncak mudik 2022 diprediksi terjadi hari ini, Jumat (29/4/2022), tetapi kondisi arus mudik mulai terlihat padat di beberapa titik.

Di jalur arteri Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, petugas mencatat bahwa jumlah pemudik dan didominasi oleh pemudik dengan menggunakan motor, sejak Kamis (28/4/2022) malam.

“Cukup ramai. Saya prediksi peningkatan 30 persen untuk arus mudik. Kalau untuk arus mudik Kalimalang didominasi roda dua, bisa dilihat gembolan di atas motor,” kata Panit Binmas Polsek Bekasi Kota Ipda Sutarto, Kamis.

Baca Juga: Kapolri Pantau Arus Mudik: Sudah Ada 52.000 Kendaraan yang Melintas di Tol Jakarta-Cikampek

Pihaknya memprediksi bahwa arus mudik akan memuncak Jumat malam di Kalimalang. Sebab, Jumat (29/4/2022) sebagian besar masyarakat sudah libur bekerja dan cuti bersama.

“Kalau kita lihat besok (Jumat) sudah mulai libur, yang sudah habis magrib dan habis Isya, kalau pagi habis sahur, pukul 03.30 atau 04.00. Kalau bergerak bareng-bareng satu malam bisa ramai sekali,” jelas dia.

Menghadapi puncak arus mudik 2022, Sutarto menegaskan bahwa pihaknya siap untuk mengatasi kemacetan panjang yang mungkin akan terjadi.

“Caranya kita lihat sikon (situasi dan kondisi), lah. Kemacetan gampang terurai. Pengalihan arus lalu lintas, dari Jalan KH Noer Ali menuju (Jalan Raya) Inspeksi Kalimalang.”

Sutarti juga mengimbau pemudik untuk selalu menjaga keselamatan dan beristirahat jika merasa lelah saat perjalanan.

Baca Juga: Kapolri Pantau Arus Mudik Tol Jakarta-Cikampek: Kendaraan Meningkat tapi Tidak Ada Kemacetan

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas TV, Jumat (29/4/2022) dini hari, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta terlihat padat.

Ruas jalan tol yang mengarah ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini didominasi oleh pemudik. Terjadi peningkatan jumlah pemudik bersamaan dengan diberlakukannya cuti bersama.

Volume kendaraan yang akan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan berlangsung sampai tiga hari menjelang Hari Raya Idulfitri.

Baca Juga: ASDP Janji Penumpukan Kendaraan di H-7 Lebaran Tidak Terulang Saat Puncak Arus Mudik H-3 dan H-2

Hampir sama dengan Jalan Tol Lingkar Luar, jumlah kendaraan di ruas Jalan Tol Dalam Kota ke arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga terlihat padat.

Kepadatan terjadi karena peningkatan jumlah kendaraan saat cuti bersama dan pemberlakuan sistem one way serta ganjil genap.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x