Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi IX: Indonesia Bisa Masuk Masa Endemi Kurang dari 6 Bulan Lagi

Kompas.tv - 28 April 2022, 09:37 WIB
anggota-komisi-ix-indonesia-bisa-masuk-masa-endemi-kurang-dari-6-bulan-lagi
Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim menyebut, pandemi Covid-19 di Indonesia kini terus menunjukkan tren yang positif. Oleh sebab itu, dirinya meyakini kalau Indonesia bisa memasuki masa endemi kurang dari enam bulan ke depan. 

Ia menjelaskan, salah satu indikator yang membuat Indonesia akan memasuki fase endemi ialah tingginya angka vaksimasi di berbagai wilayah Tanah Air. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Transisi Pandemi ke Endemi Masih 6 Bulan Lagi, Waspada Penularan Covid-19 saat Lebaran

"Capaian vaksinasi juga cukup bagus. Semua itu karena prinsip gotong royong yang melibatkan pemerintah, masyarakat, TNI, Polri, Parpol dan Ormas.  Dengan fakta-fakta di atas, menurut saya, bisa saja kuranh dari enam bulan ke depan kita akan memasuki tahap endemi," kata Luqman kepada KOMPAS TV, Kamis (28/4/2022). 

Politikus PKB itu menyebut, koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah pun terus membaik dalam penanganan wabah virus corona. 

Selain itu, masyarakat Indonesia juga amat patuh dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

"Sejak awal pandemi, pemerintah (pusat dan daerah) sangat serius melakukan pengendalian covid-19. Mayoritas masyarakat memiliki kesadaran dan patuh terhadap berbagai aturan pengendalian pandemi," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjalankan prokes secara ketat meskipun angka penularan Covid-19 turun.

Sebab, masa transisi dari situasi Pandemi Covid-19 ke endemi masih ada sekitar 6 bulan lagi.

Demikian Presiden Jokowi dalam keterangan pers seusai meninjau proyek pembangunan sirkuit formula E Ancol, 25 April 2022.

“Yang pertama, mudik memang kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian memang sudah sangat rendah dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20 ribu, memang rendah,” kata Presiden Jokowi.

“Tapi apapun ada masa transisi yang kita memang harus hati-hati. Kita tidak ingin kaya negara negara lain yang langsung buka masker, ndak, ini masih ada transisi kira-kira 6 bulan, kita liat seperti apa baru nanti silahkan kalau yang di luar ruangan buka masker, kalau yang di dalam ruang masih tetap pakai masker, ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa,” lanjutnya.

Baca Juga: Singapura Menuju Endemi, Sebagian Besar Pembatasan Covid-19 Dicabut

Apalagi, lanjut Presiden Jokowi, Indonesia sudah mengalami situasi pandemi Covid-19 dengan gelombang Delta dan Omicron.

“Sehingga kehati-hatian, kewaspadaan itu tetap harus,” ujarnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x