Kompas TV nasional politik

Ketum PP Muhammadiyah: Moralitas Bisa Menjadi Pencegah Korupsi

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 11:38 WIB
ketum-pp-muhammadiyah-moralitas-bisa-menjadi-pencegah-korupsi
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berpesan soal moralitas bisa jadi penjaga korupsi (Sumber: Situs Resmi Muhammadiyah.or.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam pidato Dies Natalis Ke-76 Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada Rabu (2/2/2022), menyebut moralitas bisa menjadi pencegah korupsi yang terus menggejala di kalangan elit bangsa.

Ia menilai, ketika berbicara soal moralitas, maka itu berbicara sesuatu yang tidak bisa dikontrol oleh sistem yang dalam bahasa Haedar bisa diakali atau dimanipulasi sedemikian rupa.

Maka dari itu, moralitas menjadi penting karena bisa jadi alat untuk tindakan menyimpang seperti korupsi.

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu lantas menyebut, moralitas itu bahkan bisa jadi di atas hukum yang terkadang bagi orang yang hendak korupsi bisa jadi sistem itu diakali atau semacamnya.

“Maka tidak heran para sufi menyebut hakikat dan makrifat di atas syariat. Atau adagium, moral di atas hukum,” katanya seperti dikutip KOMPAS TV dari situs resmi Muhammadiyah, Kamis (3/2).

Sehingga, kata dia, hidup tidak lagi sekadar bersandar pada formalitas yang dapat dimanipulasi.

“Hukum bekerja dengan logika-logika objektivitas tetapi moralitas meskipun sering dipandang luhur dan tinggi, hidupnya ada dalam jiwa, batin, dan keyakinan. Moralitas dan etika itu hidup di dalam sikap batin dan keyakinan orang, biarpun dalam relasi luar terkait dengan sumber nilai dalam hukum negara, hukum agama, dan hukum adat istiadat,” terangnya.

Sebab di atas kepatutan legal, kata dia terdapat kepantasan moral dan kelaziman sosial.

Karenanya, jika ada peluang melakukan korupsi dengan membuat-buat peraturan agar tampak legal tetapi memilih untuk tidak melakukannya, maka menempatkan moral menjadi krusial sebagai alat pencegah diri berbuat korupsi.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x