Kompas TV nasional politik

PAN Usul Rumah Dinas Anggota DPR Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19, Fasilitas Lengkap

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 18:02 WIB
pan-usul-rumah-dinas-anggota-dpr-jadi-tempat-isolasi-mandiri-pasien-covid-19-fasilitas-lengkap
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengusulkan agar rumah dinas anggota DPR RI dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Hal itu mengingat kini wabah tersebut sedang mengalami lonjakan, sehingga banyak rumah sakit yang tak bisa menampung para pasien. 

"Usulan kami adalah menjadikan rumah jabatan para anggota DPR sebagai tempat isoman warga," kata Eddy kepada Kompas TV, Rabu (14/7/2021). 

Baca Juga: Kakek Usia 79 Tahun Meninggal Saat 7 Hari Isolasi Mandiri

Ia menjelaskan, hunian para wakil rakyat itu amat cocok untuk menampung mereka yang positif corona karena memiliki fasilitas yang relatif lengkap. 

"Selain merupakan hunian yang layak dan memiliki fasilitas relatif lengkap, pemantauan terhadap warga yang terpapar juga mudah dilakukan karena keberadannya di sebuah kompleks yang menyatu," ujarnya. 

Selain itu, rata-rata anggota DPR memiliki alternatif atau pilihan untuk pindah dan tinggal di tempat lain atau kembali ke dapilnya. Sementara warga belum tentu memiliki pilihan untuk tinggal di tempat lain selain rumahnya. 

Baca Juga: Milenial Berbagi Obat-Obatan Pada Warga Isolasi Mandiri

Terkait usulan gedung DPR untuk menjadi tempat isolasi mandiri, ia menilai lokasi itu kurang tepat karena sejumlah fasilitasnya tidak mendukung. 

"Justru kami khawatir keterbatasan fasilitas di DPR akan menyulitkan warga untuk melaksanakan isoman dan bahkan berpotensi memperburuk kondisi kesehatannya," kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 575 anggota DPR mendapatkan fasilitas rumah dinas di kawasan Kalibata dan Ulujami, Jakarta Selatan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x