Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Wapres Ma'ruf Amin Hadapi Wabah dan Bencana: Tidak Boleh Menggerutu

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 10:57 WIB
pesan-wapres-ma-ruf-amin-hadapi-wabah-dan-bencana-tidak-boleh-menggerutu
Acara Muhasabah dan Istighasah untuk Negeri, di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis malam (28/01/2021). (Sumber: MUI.or.Id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof. DR. KH. Maruf Amin berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama mencari solusi dalam menghadapi berbagai kerusakan dan bencana yang saat ini sedang melanda Indonesia.


“Adanya berbagai musibah dan kerusakan yang sekarang ini,  yang utama adalah kita melihat bagaimana ini terjadi, lalu kita bersama mencari solusi dalam mengatasi masalah tersebut,” katanya saat menyampaikan taushiyah dalam acara Muhasabah dan Istighasah untuk Negeri, di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis malam (28/01/2021).

Baca Juga: Wakaf Uang Berpotensi Besar Jadi Alternatif Pembiayaan, Wapres: Dengan Pengelolaan yang Modern

Menurut Ma'ruf, setiap yang terjadi di dunia adalah akibat ulah manusia, dan dalam situasi yang seperti ini, ia berpesan kepada masyarakat agar tidak saling menyalahkan. Sebab Islam adalah Ar-Risalah Al-Ilahiyyah, agama dengan tuntutan untuk melakukan perbaikan yang menyangkut seluruh lini kehidupan.


“Ini tugas kita. Kita tidak boleh hanya menggerutu hanya menyalahkan orang tetapi sebaiknya kita mencari solusi-solusi yang bisa kita berikan dalam rangka menyelamatkan situasi kepada keadaan yang semula,” tambahnya.

 

Baca Juga: Maruf Amin Inginkan Indonesia Jadi Pengekspor Produk Halal di Dunia


Pada saat bangsa Indonesia berjuang dalam melawan pandemi Covid-19 dan bencana alam, seharusnya menjadikan masyarakat Indonesia untuk lebih melihat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Di dunia ini ada aturan yang disebut dengan nidzhamul kauniyah yakni aturan alam yang jika dilanggar maka akan menimbulkan kerusakan. Ini menyangkut masalah berbagai hal yang menjadi karakteristik dari keadaan alam, bumi, langit dan semuanya itu ada tata aturan yg diberikan Allah swt dan itu untuk kemaslahatan manusia.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x