Kompas TV nasional politik

Ini Strategi Sandiaga Uno Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 21:50 WIB
ini-strategi-sandiaga-uno-kembangkan-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-di-tengah-pandemi-covid-19
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terpilih Sandiaga Uno memberikan sambutan usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno mengakui tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo sebagai pengganti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama sangat berat.

Tugas berat tersebut yakni memulihkan ekonomi pariwisata yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Sandiaga menyatakan hal ini bukan tugas mudah untuk memuat pariwisata dan ekonomi kreatif, sektor yang terpukul pandemi Covid-19 dapat bertahan dan terus bergerak.

Baca Juga: Reaksi Wishnutama Dicopot Jokowi dari Menparekraf dan Posisinya Digantikan Sandiaga Uno

Terlebih pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi Covid-19 dengan upaya kita menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Sandiaga Uno di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut Sandiaga menyatakan bakal bekerja sama dan berkolaborasi dengan seluruh pihak agar pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berjalan di tengah pandemi Covid-19. Mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah hingga para pelaku sektor pariwisata ekonomi kreatif.

Ia akan menjalankan strategi baru seperti inovasi, memaksimalkan teknologi, analisis big data dan pendekatan kekinian dalam memetakan potensi dan penguatan yang ada di sektor pariwisata serta ekonomi kreatif Tanah Air.

Baca Juga: Reshuffle! Jokowi Umumkan Menteri Baru: Ada Risma dan Sandiaga Uno

“Tentunya jutaan lapangan perkerjaan di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang harus kita selamatkan. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif pasca-pandemi Covid-19 dalam melanjutkan agenda pembangunan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga Salahuddin Uno menjadi orang kedua yang diperkenalkan Presiden Jokowi ke publik untuk masuk ke Kabinet Indonesia Maju.

Tokoh pertama yang dikenalkan yakni  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terseret kasus korupsi di KPK.

Selanjutnya Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Mengenal 4 Menteri Baru Jokowi yang Dekat dengan Erick Thohir

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi di KPK.

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x