Kompas TV nasional sapa indonesia

Bank Sampah Bantu Warga Kelola Kebersihan Lingkungan

Kompas.tv - 5 September 2020, 15:03 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, Bank Sampah Migunani Asri Madani mengajak masyarakat mengumpulkan sampah dan peduli kebersihan lingkungan.

Sistem bank sampah pun berdampak positif. Tak hanya memberikan nilai ekonomis, budaya bersih pun akan melekat di masyarakat.

Berawal dari keresahan warga karena banyaknya tumpukan sampah di lingkungan, warga di Kecamatan Cisauk, Tangerang, pada tahun 2018 lalu mendirikan Bank Sampah Migunani Asri Madani.

Bank sampah ini telah memiliki 250 nasabah yang secara rutin menyetorkan sampah rumah tangga mereka. Bank sampah memang mengusung konsep manajemen layaknya perbankan.

Nasabah datang membawa sampah yang telah dipilah. Sampah lalu ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang.

Ada lebih dari 30 jenis sampah yang disetorkan ke Bank Sampah Migunani Asri Madani ini dan yang mendominasi adalah sampah botol bekas air mineral yang terbuat dari PET.

Sistem bank sampah tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, namun juga memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Masyarakat juga menjadi terbiasa dengan budaya bersih dan lebih menghargai nilai yang terdapat pada sampah non organik di sekitar kita.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x