Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Cara Ini Disebut Efektif Atasi Sakit Punggung untuk Para Remaja Jompo

Kompas.tv - 9 September 2024, 23:00 WIB
5-cara-ini-disebut-efektif-atasi-sakit-punggung-untuk-para-remaja-jompo
Ilustrasi sakit punggung (Sumber: spukatto via kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Istilah remaja jompo kini semakin marak digunakan di media sosial. Istilah ini kerap kali digunakan untuk menyebut anak muda yang mudah mengalami pegal-pegal dan sakit punggung.

Dikutip dari laman resmi Puskesmas Gamping 1, keluhan-keluhan yang dialami oleh remaja jompo, seperti sakit punggung, dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari anemia hingga kurang olahraga. Namun tenang, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit punggung secara alami.

Melansir laman Medical News Today berikut beberapa cara mengatasi sakit punggung untuk para remaja jompo.

Baca Juga: Mengenal Penyebab Remaja Jompo dan Cara Mengatasinya

Cara atasi sakit punggung untuk remaja jompo

1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk menjadi salah satu penyebab utama pegal-pegal di punggung. Tekanan berlebih pada tulang belakang dan otot akibat postur yang salah dapat memicu berbagai masalah kesehatan, tidak hanya nyeri punggung, tetapi juga sakit kepala, kelelahan, hingga gangguan saraf.

Memperbaiki postur tubuh, seperti ketika duduk, berdiri, atau berjalan, dapat mengurangi tekanan pada punggung dan mengurangi rasa sakit pada punggung. 

2. Melakukan peregangan

Cara mengatasi sakit punggung selanjutnya adalah dengan melakukan perenggangan. Duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer dapat menyebabkan otot tegang, sehingga punggung terasa sakit.

Perenggangan dapat membantu melepaskan ketegangan pada otot yang tegang dan nyeri. Perenggangan selama 5 hingga 10 menit dapat menjaga tulang belakang tetap sejajar dan mengurangi tekanan pada punggung.

3. Tidur cukup

Kurang tidur dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Selain tidur setidaknya selama tujuh jam per hari, Anda yang mengalami sakit punggung juga bisa mencoba untuk meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur telentang agar rasa nyeri berkurang.

4. Mengelola stres

Stres bisa membuat otot tegang sehingga akan meningkatkan risiko sakit punggung. Mengelola stres, seperti dengan melakukan meditasi dan latihan pernapasan, dapat membuat tubuh lebih rileks dan rasa sakit punggung berkurang.

Baca Juga: IWAPI Dan Persit Kartika Sapa Panti Jompo

5. Mengompres dengan kompres hangat dan dingin 

Mengompres punggung yang sakit dengan kompres hangat dan dingin dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit. Namun ingat, jangan mengompres dingin lebih dari 20 menit dan menghindari area yang terluka.


 

 




Sumber : Medical News Today




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x