Kompas TV lifestyle kuliner

Rekomendasi Hidangan Khas IKN yang Lezat dan Unik, Ada Gangan Manok dan Ayam Cincane

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 05:30 WIB
rekomendasi-hidangan-khas-ikn-yang-lezat-dan-unik-ada-gangan-manok-dan-ayam-cincane
Makanan khas daerah ini salah satunya adalah Gangan Manok, sup ayam khas Kutai. (Sumber: Tribun News)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk merayakan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024, upacara akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjadikannya momen istimewa bagi masyarakat Indonesia. 

Sebelumnya, peringatan kemerdekaan selalu dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Kali ini, masyarakat dari berbagai wilayah yang berkesempatan menghadiri upacara di IKN pada 17 Agustus 2024 tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas Kalimantan Timur dan membawa pulang oleh-oleh khas dari daerah tersebut. 

Makanan khas daerah ini salah satunya adalah Gangan Manok, sup ayam khas Kutai. Hidangan ini adalah sup ayam tradisional dari Kutai dengan kuah bening yang diperkaya rempah-rempah dan sayur-sayuran seperti bayam, oyong, serta nangka muda. Hidangan ini menawarkan cita rasa segar dan lezat.

Berikut adalah rekomendasi hidangan khas Kalimantan Timur:

Hidangan Khas Kalimantan Timur

Gangan Manok (Sup Ayam Khas Kutai)

Sup ayam tradisional Kutai dengan kuah bening yang diperkaya rempah-rempah dan sayur-sayuran seperti bayam, oyong, serta nangka muda. Hidangan ini menawarkan cita rasa segar dan lezat.

Daging Masak Bumi Hangus

Daging sapi yang dimasak dalam kecap manis hingga berwarna kehitaman dan memiliki tekstur empuk serta rasa manis dan kaya rempah.

Ayam Cincane

Ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan, menciptakan rasa gurih dan pedas yang khas dari Kalimantan Timur.

Baca Juga: Prabowo Ingin Cepat Berkantor di IKN, Jokowi: Terserah Presiden Prabowo

Sate Payau

Sate daging rusa yang direndam dalam rempah khas Kalimantan Timur, memberikan rasa yang unik dengan tekstur daging yang empuk dan lezat.

Amparan Tatak

Hidangan khas Dayak yang terbuat dari beras ketan yang diolah dengan santan dan gula merah, sering kali disajikan dengan lauk ikan asin dan sambal, menciptakan perpaduan rasa manis dan gurih.

Lomang

Kue tradisional dari beras ketan yang dimasak dalam bambu, menghasilkan tekstur kenyal dengan rasa gurih dan aroma khas bambu.

Kue Putri Salju




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x