Kompas TV lifestyle kesehatan

Pengidap Diabetes Dilarang Konsumsi 4 Buah Ini, Awas Gula Darah Bisa Naik Drastis

Kompas.tv - 9 Juni 2024, 19:45 WIB
pengidap-diabetes-dilarang-konsumsi-4-buah-ini-awas-gula-darah-bisa-naik-drastis
Ilustrasi buah-buahan. (Sumber: lifeforstock on Freepik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengonsumsi buah sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi buah. 

Selain itu, buah juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Namun, bagi penderita diabetes, ada beberapa jenis buah yang perlu diwaspadai, khususnya bagi penderita diabetes melitus atau kencing manis, karena asupan gula harus diperhatikan. 

Meskipun buah mengandung gula alami, tetap tidak bisa sembarangan dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Kebiasaan buruk yang memicu diabetes bisa memperburuk kondisi dan menyebabkan komplikasi.

Berikut daftar buah yang dihindari penderita diabetes

1. Buah-buahan Tinggi Karbohidrat

Buah dengan kandungan karbohidrat tinggi juga perlu dihindari atau dibatasi bagi penderita diabetes. Konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah ke tingkat berbahaya.
 
Menurut Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan memiliki dampak besar pada kadar gula darah. Contohnya, satu buah apel sedang mengandung 15-20 gram karbohidrat. Jika menjalani diet rendah karbohidrat, makanlah setengah atau porsi yang lebih kecil.

Baca Juga: Tips-Tips Menurunkan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

2. Jus Buah

Penderita diabetes sebaiknya menghindari jus buah karena dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Lebih baik mengonsumsi buah utuh yang mengandung serat untuk memperlambat penyerapan gula. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah utuh lebih kecil kemungkinannya mengembangkan diabetes tipe 2, sedangkan yang minum jus buah dalam jumlah besar memiliki risiko lebih tinggi.



Sumber : Kompas TV, Sajian Sedap, Medical News Today



BERITA LAINNYA



Close Ads x