Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspada 4 Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 07:35 WIB
waspada-4-tanda-kolesterol-tinggi-di-wajah
Beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi yang sering dikonsumsi, salah satunya adalah kuning telur. (Sumber: Sajian Sedap)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi ketika kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol tinggi dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Umumnya gejala khas yang sering muncul sebagai tanda kolesterol tinggi adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang muncul dapat terasa sangat mengganggu dan berat, tetapi akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda. 

Namun tak hanya itu, kolesterol tinggi juga terlihat dari wajah penderita. Dikutip dari laman Medical News Today, berikut tanda kolesterol tinggi di wajah. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

1. Pigmentasi kulit

Pigmentasi kulit dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. Kondisi ini disebut sebagai hiperlipidermia, yakni kelainan ketika darah mengandung lipid berlebih, terutama kolesterol. 

Kondisi ini dapat menyebabkan xanthoderma, yaitu pigmentasi kulit kekuningan. Biasanya tanda kolesterol tinggi ini muncul di wajah dan area sekitar mata. 

Perubahan warna kulit ini dapat terjadi karena timbunan kolesterol di dalam lapisan kulit.

2. Jerawat kekuningan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x