Kompas TV lifestyle kuliner

Viral Imbauan Jangan Minum Teh Setelah Makan Bakso, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 09:52 WIB
viral-imbauan-jangan-minum-teh-setelah-makan-bakso-benarkah-ini-penjelasan-ahli-gizi
Penjelasan ahli gizi terkait imbauan jangan minum teh setelah makan bakso yang viral di media sosial (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini beredar di media sosial mengenai imbauan agar jangan minum teh setelah makan bakso.

Imbauan tersebut pun viral dan mendapat beragam respons dari netizen. Pasalnya, minum es teh atau teh panas setelah makan bakso sudah menjadi kebiasan beberapa orang.

Namun, dalam unggahan akun ini dan ini, disebutkan bahwa es teh mengandung tanin sehingga menghambat proses penyerapan zat besi yang terkandung dalam bakso.

Benarkah demikian?

Penjelasan Ahli Gizi

Terkait larangan minum teh setelah makan bakso sudah sempat dijelaskan oleh Ahli gizi sekaligus pendiri Ruang Gizi Indonesia Diajeng Anjalna Gakusha A.Md. Gz.

Menurut Diajeng, memang ada beberapa zat gizi yang harus dihindari untuk dimakan bersamaan, di antaranya yakni kafein, tanin, dan zat besi.

Baca Juga: Rawon Posisi Pertama, Ini 10 Sup Terenak di Dunia 2023 Versi Taste Atlas

Adapun dua di antara zat gizi itu, lanjut Diajeng terdapat di dalam bakso dan teh.

"Bakso itu tinggi protein dan zat besi, sedangkan di teh itu ada zat gizi yang namanya tanin," kata Diajeng, Rabu (15/12/2021) lalu. 

Dia menjelaskan teh mengandung tanin dalam jumlah tinggi. Tanin dapat mengikat zat besi dan membuatnya sulit untuk diserap oleh tubuh. 

Sementara, zat besi merupakan zat gizi yang berfungsi untuk membantu menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

"Tanin itu akan menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV, um-surabaya.ac.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x