Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Gunakan Kasus Kematian Anak untuk Kampanye Politik, Ayah Korban: Jangan Sebar Kebencian

Kompas.tv - 12 September 2024, 13:14 WIB
trump-gunakan-kasus-kematian-anak-untuk-kampanye-politik-ayah-korban-jangan-sebar-kebencian
Capres Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, berbicara selama debat presiden dengan calon presiden dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Kamala Harris, di National Constitution Center, Selasa, 10 September 2024, di Philadelphia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

OHIO, KOMPAS.TV - Seorang ayah di Ohio, Amerika Serikat (AS) marah setelah kematian anaknya digunakan calon presiden AS Donal Trump untuk keuntungan politik lewat kampanye di media sosial.

Aiden Clark, 11 tahun, tewas dalam kecelakaan bus sekolah pada 2023 di Springfield, Ohio, kota kecil yang kini menjadi fokus nasional atas klaim tak berdasar dari kampanye Trump soal imigran Haiti di sana.

Pada Selasa (10/9/2024), calon wakil presiden Donald Trump, JD Vance,  merujuk pada Aiden dalam postingan media sosial X, mengatakan seorang anak dibunuh oleh migran Haiti.

Baca Juga: Terungkap Cara Netanyahu Hindari Perintah Penangkapan ICC, Lakukan Rekayasa Penyelidikan

Ayah Aiden, Nathan, mengatakan kepada pertemuan komisi kota pada hari yang sama setelah pernyataan Vance, bahwa pesan itu membuka luka lama.

“Mereka berbicara menggunakan nama anak saya, dan menggunakan kematiannya untuk kepentingan politik. Ini harus segera dihentikan,” ujarnya dikutip dari BBC Internasional.

“Anak saya tidak dibunuh. Ia terbunuh secara tak disengaja oleh imigran dari Haiti. Tragedi ini telah dirasakan seluruh komunitas, negara bagian, bahkan seluruh bangsa. Tapi, jangan putar ini jadi kebencian,” tambahnya.

Trump dan Vance juga menyebarkan klaim tanpa dasar bahwa imigran Haiti memakan hewan peliharaan di Springfiield.

Hanya beberapa jam setelah Clark berbicara, Trump mengulangi klaimnya di panggung debat presiden melawan Kamala Harris.

“Saya hanya berharap putra saya, Aiden Clark, dibunuh oleh orang kulit putih berusia 60 tahun,” katanya.

Aiden terbunuh setelah mobil van yang dikemudikan imigran Haiti yang tak punya SIM, Hermanio Joseph, menyeberang sembarangan dan menabrak bus sekolahnya.

Aiden diketahui terlempar keluar bus, ketika mobil itu terbalik, dan sejumlah anak juga cedera.

Joseph pun dinyatakan bersalah karena menghilangkan nyawa orang tanpa sengaja, dan kejahatan pembunuhan dengan kendaraan pada Mei.

Ia pun dijatuhi hukuman penjara sembilan hingga 13,5 tahun.

Baca Juga: Biden dan Harris Bikin Kesal Keluarga Aktivis AS yang Tewas Ditembak Tentara Israel, Dianggap Lembek

Pada Senin (9/9/2024), akun kampanye Trump di X memposting foto Aiden dan Joseph berdampingan, dan menyerang kebijakan imigrasi Kamala Harris sebelum debat.

“Ingat: Aiden Clark berusia 11 tahun terbunuh saat mau sekolah oleh migran Haiti yang dibawa masuk Kamala Harris ke Springfield, Ohio,” bunyi keterangan di postingan itu.

Mereka juga mengklaim bahwa Harris menolak mengucapkan nama Aiden.


 




Sumber : BBC Internasional




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x