Kompas TV internasional kompas dunia

Badai Tropis Ampil Mendekat, Jepang Utara Perintahkan Evakuasi Massal dan Penundaan Layanan Umum

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 19:08 WIB
badai-tropis-ampil-mendekat-jepang-utara-perintahkan-evakuasi-massal-dan-penundaan-layanan-umum
Seorang pria memegang payung berjuang melawan angin kencang saat badai tropis atau Topan Ampil mendekati wilayah Tokyo, Jepang, Jumat, 16 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

TOKYO, KOMPAS.TV - Ribuan orang di Jepang utara diperintahkan untuk mengungsi akibat ancaman banjir dan longsor dari badai tropis Ampil yang mendekat dari Samudra Pasifik. 

Badai tropis Ampil pada Jumat (16/8/2024) diperkirakan akan mencapai perairan dekat Tokyo pada sore hari dan melanjutkan perjalanan ke utara, membawa cuaca buruk ke wilayah Kanto utara dan Tohoku pada Sabtu (17/8). 

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Ampil memiliki kecepatan angin 162 km/jam dengan tiupan angin yang lebih kencang pada Jumat pagi dan bergerak ke utara dengan kecepatan 15 km/jam. 

Badai ini tidak diperkirakan akan mendarat di daratan dan dapat melemah menjadi badai tropis pada hari Minggu. Perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk lebih dari 320.000 penduduk Kota Iwaki di Prefektur Fukushima. 

Lebih dari 30 tempat aman telah disediakan, termasuk gymnasium sekolah dan pusat komunitas. 

Peringatan evakuasi juga dikeluarkan untuk area berisiko di Kota Asahi dan Mobara di prefektur Chiba, timur Tokyo. Ampil diperkirakan akan mencapai perairan di lepas Chiba pada Jumat malam.

Baca Juga: BMKG Sebut Indonesia Patut Waspada Gempa Megathrust Nankai Jepang, Ini Penyebabnya

Gelombang tinggi menghantam pantai di Choshi, prefektur Chiba, sebelah timur Tokyo, saat Topan Ampil bergerak melewati wilayah tersebut, Jumat, 16 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo / Kyodo News )

Tokyo Disneyland, yang biasanya buka hingga pukul 21.00, terpaksa ditutup lebih awal pada pukul 15.00 akibat badai. 

Yamato Transport, yang mengirimkan barang untuk Amazon dan perusahaan lain di Jepang, mengumumkan bahwa tidak ada pengiriman yang dilakukan di Tokyo dan daerah sekitarnya pada hari Jumat dan Sabtu. 

Kereta Shinkansen yang melayani rute Tokyo-Nagoya dihentikan sepanjang hari, sementara beberapa kereta peluru yang melayani Jepang timur laut serta kereta lokal Tokyo juga dihentikan atau dijadwalkan ulang ke kecepatan yang lebih lambat. 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x