Kompas TV internasional kompas dunia

Tenggak Miras Oplosan Campur Metanol, 34 Tewas di India Selatan

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 16:59 WIB
tenggak-miras-oplosan-campur-metanol-34-tewas-di-india-selatan
Ilustrasi minuman keras (miras) atau minuman alkohol. (Sumber: Unsplash/Dylan de Jonge)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

NEW DELHI, KOMPAS.TV – Sedikitnya 34 orang tewas dan belasan lainnya dirawat di rumah sakit usai menenggak minuman keras (miras) oplosan di negara bagian India selatan, Tamil Nadu, Kamis (20/6/2024).

Kepala Menteri Tamil Nadu MK Stalin mengatakan, 34 orang itu tewas setelah mengonsumsi miras yang dicampur dengan metanol, seperti dilaporkan Press Trust of India yang dikutip Associated Press.

Insiden itu terjadi di Distrik Kallakurichi pada Selasa malam (18/6). Akibat insiden itu, lebih dari 100 orang dilarikan ke rumah sakit.

Jumlah korban diperkirakan bisa bertambah, lantaran banyak korban yang berada dalam kondisi kritis.

Sedikitnya 80 orang dilaporkan menjalani perawatan lantaran mengalami diare parah. Para korban disebut mengalami gejala seperti pusing, sakit kepala, muntah, mual, sakit perut hingga iritasi mata.

Baca Juga: Kronologi 4 Pemuda Tewas usai Tenggak Miras Oplosan, Ada Campuran Alkohol 70 Persen dan Antiseptik

Pihak berwenang menyebut, pada Rabu, sejumlah orang yang mengalami muntah-muntah dan sakit perut dilarikan ke rumah sakit hingga memantik penyelidikan kepolisian. 

Melansir BBC, dua orang yang diduga terlibat dalam miras beracun ini telah ditangkap.

Pihak berwenang India juga telah menskors seorang perwira polisi senior dan 10 anggota penegak hukum yang berwenang menangani peredaran miras terlarang di negara bagian itu karena dinilai telah melakukan pembiaran.



Sumber : Associated Press/BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x