Kompas TV internasional kompas dunia

Biden akan Bertemu Zelensky di Prancis, Bakal Bahas Situasi Terkini Ukraina

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 01:05 WIB
biden-akan-bertemu-zelensky-di-prancis-bakal-bahas-situasi-terkini-ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington, AS, Selasa (12/12/2023). (Sumber: AP Photo/Evan Vucci, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Normandy, Prancis, pada 6 Juni. Pertemuan ini akan disusul dengan pertemuan kedua di sela-sela KTT G7 di Bari, Italia, pada 13-15 Juni mendatang.

Kedua pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas situasi di Ukraina dan memperkuat dukungan internasional terhadap negara tersebut.

Dilansir dari Ukrinform, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan menyampaikan bahwa di Prancis, Biden dan Zelensky akan membicarakan kondisi terkini di Ukraina dan cara-cara memperdalam dukungan bagi negara tersebut.

Di Italia, Biden dan Zelensky akan bertemu kembali dalam pertemuan G7 yang akan membahas penggunaan dana Rusia yang dibekukan untuk mendukung Ukraina. 

“Dalam rentang waktu lebih dari seminggu, Presiden Biden akan mengadakan dua pertemuan substantif dengan Presiden Zelensky,” ujar Sullivan.

Selain itu, Sullivan juga mengonfirmasi bahwa Biden tidak akan menghadiri Global Peace Summit yang akan diselenggarakan di Swiss pada 15 Juni.

Sebagai gantinya, Wakil Presiden AS Kamala Harris akan memimpin delegasi AS dengan kehadiran Sullivan dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Biden Akui Netanyahu Mungkin Memperpanjang Operasi Militer di Gaza agar Tetap Berkuasa

Dilansir dari CNN, kedua pemimpin terakhir kali bertemu secara langsung ketika Zelensky berada di Washington, DC, pada Desember 2023 untuk mengajukan permohonan bantuan militer dan ekonomi. 

Biden akhirnya menandatangani undang-undang pada bulan April yang memberikan lebih dari 60 miliar dolar bantuan untuk sekutu AS tersebut setelah beberapa bulan perdebatan politik di Capitol Hill. 



Sumber : Ukrinform/CNN



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x