Kompas TV internasional kompas dunia

Napoli Diguncang 150 Gempa dalam Sehari, Warga Lokal yang Khawatir Pilih Tidur di Mobil

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 10:44 WIB
napoli-diguncang-150-gempa-dalam-sehari-warga-lokal-yang-khawatir-pilih-tidur-di-mobil
Orang-orang berkumpul di jalan setelah gempa bumi di Campi Flegrei, dekat Napoli, Italia, Senin, 20 Mei 2024. Gempa tersebut terkuat yang pernah tercatat di sekitar Phlegraean Fields, area luas pusat vulkanik kuno dekat Laut Tyrrhenian yang mencakup lingkungan barat Napoli dan pinggirannya, kata Giuseppe De Natale, vulkanolog dari pusat geofisika dan vulkanologi nasional INGV Italia. (Sumber: Alessandro Garofalo/LaPresse via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

NAPOLI, KOMPAS.TV - Lokasi liburan di kawasan Campi Flegrei, dekat Napoli, Italia, diguncang gempa sebanyak 150 kali dalam sehari menyebabkan kekhawatiran bagi warga lokal.

Gempa terkuat dengan magnitudo 4,4 terjadi pada pukul 20.10 waktu setempat, Senin (20/5/2024), menyusul gempa sebelumnya yang berkekuatan magnitudo 3,5 magnitudo. 

Kekuatan gempa tersebut menandai aktivitas seismik terkuat di kawasan ini dalam 40 tahun terakhir.

39 keluarga yang tinggal di bangunan antara kota Pozzuoli dan Bacoli harus dievakuasi sebagai tindakan pencegahan karena gempa yang terus menerus terjadi dan kerusakan yang diakibatkannya. 

Banyak penduduk setempat yang takut bangunan akan runtuh memilih untuk bermalam dan tidur di luar ruangan.

"Gempa pertama mengejutkan saya, saya bekerja dari rumah, awalnya saya tidak mengerti apa yang terjadi," kata salah satu warga di Bacoli, Lucilla Schiano, dikutip dari Express.co.uk.

“Gempa kedua sangat mengerikan, saya sudah menduganya tapi saya tidak menyangka intensitasnya, saya sendirian di rumah dan saya sangat takut, semuanya bergerak, kali ini bahkan lantai."

"Setelah gempa ketiga, saya mengemasi tas saya bersiap untuk melarikan diri. Saya tidak tidur semalaman," ungkapnya.

Observatorium Vesuvius mengidentifikasi episentrum gempa terkuat berada di dekat Solfatara di Pozzuoli. 

Guncangan tersebut terasa di Bacoli, Monte di Procida, dan berbagai lingkungan di Naples, termasuk Fuorigrotta, Bagnoli, Soccavo, Pianura, dan pusat kota, sehingga menimbulkan kekhawatiran luas.

Baca Juga: Kekayaan Hartono Bersaudara Buat Como 1907 Jadi Klub Tertajir di Italia



Sumber : Express.co.uk



BERITA LAINNYA



Close Ads x