Kompas TV internasional kompas dunia

Kedubes Iran di Jakarta Kecam Serangan Israel ke Konsulat di Damaskus, Pastikan Keadilan Ditegakkan

Kompas.tv - 2 April 2024, 19:15 WIB
kedubes-iran-di-jakarta-kecam-serangan-israel-ke-konsulat-di-damaskus-pastikan-keadilan-ditegakkan
Petugas bekerja di gedung yang hancur akibat serangan udara di Damaskus, Suriah, Senin, 1 April 2024. Serangan udara Israel menghancurkan kedutaan Iran di Damaskus, Suriah, khususnya di bagian layanan konsuler. Media pemerintah Suriah memberitakan bahwa serangan ini menewaskan atau melukai semua orang di dalamnya. (Sumber: Foto AP/Omar Sanadiki)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Iran di Jakarta mengecam keras serangan Israel ke gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, Senin (1/4/2024).

Serangan udara ini meratakan gedung konsulat Iran dan menewaskan setidaknya 11 orang, termasuk dua jenderal Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC).

Kedubes Iran menilai, serangan udara Israel diluncurkan tanpa provokasi dan melanggar hukum internasional, termasuk Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik 1961.

Baca Juga: Serangan Israel atas Konsulat Iran di Suriah Tewaskan Dua Jenderal, Teheran Diyakini Siap Membalas

"Serangan ke misi diplomatik seperti itu tidak hanya melanggar keamanan dan keselamatan, tetapi juga bertentangan dengan prinsi-prinsip kedaulatan dan non-interferensi yang menjadi landasan hubungan internasional dan diplomasi," demikian keterangan pihak Kedubes Iran di Jakarta yang diterima Kompas TV, Selasa (2/4/2024).

"Komunitas internasional bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa harus mengutuk pelanggaran ini tanpa syarat, dan menempuh langkah serius untuk menyikapi pelanggaran ini. Agresor harus dituntut bertanggung jawab atas tindakannya yang secara terang-terangan mengabaikan norma-norma dan konvensi yang mengatur interaksi beradab dan damai antarnegara," katanya.

Pihak Teheran pun menegaskan akan melindungi misi-misi diplomatiknya di seluruh dunia.

Pemerintah Iran menyatakan diri berhak membalas serangan ini dan memutuskan balasan untuk pihak penyerang.

"Republik Islam Iran tetap berkomitmen menginvestigasi setiap fase dari insiden ini dan memastikan keadilan ditegakkan. Kami berdiri tegak dan teguh menjaga kedaulatan nasional dan martabat negara kami di panggung internasional," tuturnya.

"Kedutaan menekankan komitmen Republik Islam Iran menginvestigasi serangan mengerikan ini secara menyeluruh. Rezim Zionis akan bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakannya," imbuhnya.

Sebelumnya, Duta Besar Iran untuk Suriah, Hossein Akbari menyatakan, balasan dari Teheran akan sama kerasnya dan sama magnitudonya. 

Akbari menyebut Israel meledakkan konsulat Iran dengan enam rudal dari jet-jet F-35.

Israel berulangkali menyerang situs-situs terkait Iran di wilayah pemerintah Suriah. Namun, serangan ke gedung konsulat di Damaskus dinilai menjadi tindakan Israel yang paling berani sejauh ini.

Pemerintah Israel pun enggan berkomentar mengenai serangan udara ke gedung konsulat Iran di Damaskus.

Baca Juga: Bantuan via Laut ke Gaza Dihentikan Usai Israel Bunuh 7 Pekerja Barat, Kelaparan pun Didepan Mata



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x