Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Akhiri Seluruh Pembatasan Covid, termasuk Kewajiban Isolasi dan Penggunaan Masker

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 05:15 WIB
inggris-akhiri-seluruh-pembatasan-covid-termasuk-kewajiban-isolasi-dan-penggunaan-masker
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat berbicara pada para wartawan di Downing Street, London, Inggris, Senin (21/2/2022), menyoal rencana jangka panjang pemerintah terkait Covid-19. (Sumber: Tolga Akmen/Pool via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Di tengah ketegangan invasi Rusia ke Ukraina, Inggris mencabut seluruh pembatasan terkait Covid-19 yang diwajibkan pemerintah, Kamis (24/2/2022). Pencabutan itu termasuk kewajiban bagi mereka yang positif Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Melansir Associated Press, mereka yang positif Covid-19 akan tetap disarankan untuk tinggal di rumah selama paling tidak 5 hari. Namun, mulai Kamis (24/2), mereka tak lagi diwajibkan secara hukum untuk melakukan hal itu.

Selain itu, mereka yang memiliki pendapatan lebih rendah, tak lagi menerima dukungan finansial sebagai pengganti pendapatan yang hilang akibat isolasi. Pelacakan kontak mereka yang terinfeksi juga dicabut.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Ingin Final Liga Champions Dipindah dari Rusia

Perdana Menteri Boris Johnson pada Senin (21/2) lalu, mengumumkan strategi pemerintah untuk ‘hidup bersama Covid’ dalam jangka panjang. Menurutnya, Inggris tengah bergerak ‘dari pembatasan secara hukum ke tanggung jawab personal’. Akhir pembatasan itu, imbuhnya, menandai akhir dua tahun tergelap dalam sejarah negara itu. 

Inggris telah menghapus sebagian besar pembatasan pada Januari, menyusul turunnya angka infeksi dan rawat inap usai lonjakan pada akhir Desember. Penggunaan masker tak lagi diwajibkan di mana pun. Paspor vaksin untuk masuk ke klub malam dan venue lain pun dihapuskan.

Baca Juga: Ratu Inggris Elizabeth II Dipastikan Tertular Covid-19

Sejumlah negara Eropa, termasuk Denmark dan Swedia, baru-baru ini juga mencabut seluruh pembatasan Covid-19.

Sejumlah kritik mempertanyakan bahwa pencabutan seluruh pembatasan itu terlalu dini, terutama kewajiban isolasi. Asosiasi Medis Inggris (BMA) memperingatkan, strategi Johnson gagal melindungi mereka yang paling rentan dan berisiko tinggi sakit parah akibat Covid-19.

Sekitar 85% warga berusia 12 tahun ke atas di Inggris telah divaksinasi secara lengkap, dan sekitar 66% telah menerima dosis booster.

Baca Juga: Inggris Akan Mulai Hidup Bersama Covid-19, Sejumlah Larangan Bakal Dicabut

Inggris masih menjadi negara Eropa dengan korban kematian akibat Covid-19 tertinggi setelah Rusia, dengan angka kematian lebih dari 161.000 jiwa sejauh ini.


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x