Kompas TV entertainment musik

6 Fakta Lagu Terpesona yang Viral, Terinspirasi dari Istri

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 16:10 WIB
6-fakta-lagu-terpesona-yang-viral-terinspirasi-dari-istri
Lagu Terpesona mendadak viral di media sosial dan dijadikan yel-yel anggota TNI dan Polri. (Sumber: KOMPAS.com/Skivo Marcelino Mandey)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lagu "Terpesona" kerap kali terdengar di berbagai media sosial. Tidak sedikit orang yang ingin tahu siapa pencipta di balik lagu yang dijadikan sebagai yel-yel TNI hingga Polri. Semuel Takatelide, sang pencipta angkat bicara tentang lagunya yang kemudian viral.

Berikut 6 fakta lagu Terpesona karya Semuel:

1. Inspirasi dari istri

Lagu "Terpesona" menceritakan tentang kekaguman Semuel terhadap istrinya, Miskewati Mare, di dalam mimpi. Karena lagu itu akan digunakan lomba dan yang dinilai faktor kesulitan membalas, maka Semuel mencoba menerjemahkan bagaimana dia terpesona dengan istrinya dari alam bawah sadarnya.

"Kalau saya bikin lagu terpesona dengan dunia nyata, mungkin mereka gampang balas lagu-nya. Jadi makanya saya bikin lagu itu terciptanya terpesona dalam mimpi. Jadi itu sulit mau dibalas itu," ujar Semuel.

Baca Juga: Ini Sosok Pencipta Lagu Terpesona yang Sedang Viral

 

2. Menang di lomba masamper

Semuel menceritakan lagu tersebut ia ciptakan pada sekitar tahun 1995-1996 untuk mengikuti lomba masamper yakni salah satu budaya berbalas pantun menggunakan syair lagu.

Masamper sendiri adalah salah satu budaya masyarakat Sangihe Talaud. Kala itu lomba diharuskan mengangkat lagu percintaan. Ketika dinyanyikan harus diawali dengan pertemuan, pujian, sastra, percintaan, dan terakhir perpisahan.

 

3. Masuk dapur rekaman tahun 1998

Semuel mengatakan pada tahun 1998, lagu tersebut sempat populer di kalangan masyarakat Sulawesi Utara, Ia kemudian menjalin kerjasama dengan Revan Record untuk merekam lagu Terpesona.

Kemudian, tahun 2000 muncul irama poco-poco dan lagu tersebut kembali masuk rekaman. Semuel mengaku sempat kaget lagunya bisa viral seperti ini bahkan sampai ke mancanegara.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x