Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pencairan BPNT Januari-Februari 2024 Mulai Dilakukan, Simak Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 16:00 WIB
pencairan-bpnt-januari-februari-2024-mulai-dilakukan-simak-penerima-di-cekbansos-kemensos-go-id
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau Bansos BPNT. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Distribusi berbagai program bantuan sosial (Bansos) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) mulai dilakukan pada Februari 2024. Program ini meliputi Bansos Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), BLT mitigasi risiko pangan, dan lainnya.

Sebagaimana pantauan dari laman resmi Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id, menunjukkan bahwa BPNT dan PKH telah mulai dicairkan.

Baca Juga: Harga Naik di Pasaran, Bapanas Bantah Bansos Sebabkan Beras Langka dan Mahal

Verifikasi dilakukan di Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang, menunjukkan bahwa bantuan telah cair kepada penerima. Penerima akan mendapatkan kode "SEMBAKO JAN 2024" atau "JAN-FEB 2024" di sebelah nama pada laman tersebut.

Dengan alokasi Rp200 ribu per bulan untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), program ini menargetkan dukungan finansial langsung yang berkelanjutan sepanjang tahun, dengan total bantuan mencapai Rp2,4 juta per keluarga per tahun.

Baca Juga: Ciri-ciri KTP yang Berhak Menerima Bansos Pengganti El Nino Rp600 Ribu, Simak Cara Ceknya Pakai HP!

Untuk memenuhi syarat sebagai penerima BPNT, individu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial. Keluarga yang belum terdaftar di DTKS diharapkan untuk segera mendaftar, memastikan mereka tidak tertinggal dari akses ke program ini.

Bagi masyarakat yang belum menerima bantuan atau menghadapi kendala dalam pencairan, disarankan untuk melapor ke kepala desa atau dinas sosial setempat.

Baca Juga: Bantuan BPNT Februari 2024 Apakah Sudah Dicairkan? Simak Dulu Penerimanya di Cek Bansos Kemensos

Alternatif lain, masyarakat dapat menghubungi call center Kemensos di nomor 171 untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi terkait pencairan bantuan.

Cara Cek Penerima BPNT 2024

Kelurahan yang ingin memverifikasi kelayakan mereka untuk menerima BPNT 2024 dapat mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Bantuan Beras 10 Kg Disetop, Kenali Bedanya dengan Bansos PKH, BLT El Nino, BPNT, hingga Banpres

Dengan memasukkan informasi sesuai dengan KTP dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan, keluarga dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai status kelayakan mereka.

Program BPNT 2024 diharapkan tidak hanya akan memperkuat jaring pengaman sosial bagi warga yang membutuhkan tetapi juga memajukan upaya pemerintah dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Megawati Ingatkan Masyarakat Jangan Kesengsem Beras Bansos 10 Kilogram: menurut Saya Itu Gula-Gula


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x