Kompas TV bisnis kebijakan

Kemenkes Masih Kaji Wacana Penghentian PPKM, Kasus Mingguan Terendah dalam 2 Tahun

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 10:07 WIB
kemenkes-masih-kaji-wacana-penghentian-ppkm-kasus-mingguan-terendah-dalam-2-tahun
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah pada akhir 2022 kemungkinan akan menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berhenti. (Sumber: ugm.ac.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan menyatakan tengah mengkaji wacana pemberhentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun ini. Kajian dilakukan oleh para epidemiolog dan ahli kesehatan masyarakat. 

Wacana itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu. 

"Masih jadi pembahasan para ahli epi (epidemiologi) dan kesehatan masyarakat untuk menyiapkan masyarakat dan faskes," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada media, Minggu (25/12/2022).

Sebelum menetapkan penghentian PPKM, pemerintah juga akan memperkuat kesadaran masyarakat untuk tes Covid-19. 

"Surveilens kasus dan genomik diperkuat dan kesadaran masyarakat untuk tes," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut PPKM Mungkin akan Dihentikan Akhir Tahun Ini

Sebelumnya, Juru Bicara Penanganan Pandemi COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengemukakan penanganan dan perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan yang dibuktikan dengan jumlah kasus mingguan pada 2022 yang berhasil ditekan lebih rendah dari kurun dua tahun terakhir.


 

"Jika situasi pandemi di Indonesia dibandingkan dengan 2020 dan 2021, penanganan dan perkembangan pandemi di 2022 terus mengalami perbaikan dibuktikan dengan tren dan kasus positif mingguan yang lebih rendah dari dua tahun sebelumnya," kata Wiku Adisasmito seperti dikutip dari Antara

Ia mengatakan, kenaikan kasus di 2020 terjadi sejak November dan terlihat puncaknya pada Februari dengan jumlah kasus lebih dari 80 ribu kasus mingguan.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x