Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Alasan Singapura Tarik 4 Produk Mie Sedaap dan Jawaban BPOM

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 18:11 WIB
alasan-singapura-tarik-4-produk-mie-sedaap-dan-jawaban-bpom
Ilustrasi. Otoritas keamanan pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) menarik empat produk Mie Sedaap. Alasannya, produk-produk tersebut diduga mengandung etilen oksida. (Sumber: Unsplash/Markus Winkler)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otoritas keamanan pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) menarik empat produk Mie Sedaap. Alasannya, produk-produk tersebut diduga mengandung etilen oksida.

Seperti dilaporkan Kompas.com, Senin (10/10/2022), etilen oksida merupakan pestisida yang tak diizinkan digunakan dalam makanan.

Meski tak menimbulkan risiko langsung ketika dikonsumsi, namun paparan jangka panjang dari makanan yang mengandung zat tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan.

"Jika etilen oksida terdeteksi melebihi tingkat maksimum yang ditentukan, SFA akan memulai penarikan produk yang terkena dampak," kata SFA, seperti dilansir Kompas.com.

Baca Juga: BPOM Sebut Mie Sedaap yang Beredar di RI Sudah Sesuai Aturan, Beda dengan yang Ada di Hong Kong

Produk yang ditarik SFA adalah Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken pada Kamis (6/10).

Kemudian Mie Sedaap Soto dan Mie Sedaap Curry ditarik SFA pada Sabtu (8/10/2022).

SFA bahkan memberikan imbauan kepada konsumen yang telah membeli produk tersebut untuk mendatangi pihak medis jika memiliki masalah kesehatan.

Sementara Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menegaskan produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia aman. Pihaknya kini tengah melakukan kajian berupa sampling.

"Soal Mie Sedaap ini, BPOM sedang melakukan kajian dan masih sampling. Tapi produk yang terdaftar di Indonesia aman," kata Penny, Senin (10/10/2022), dikutip dari Kompas.com.

Kasus penarikan produk Mie Sedaap sebelumnya juga dilakukan oleh Hong Kong, akhir September 2022.

Produk yang ditarik adalah Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour Fired Noodle dengan dugaan pemakaian zat etilen oksida.

Baca Juga: Hongkong Tarik Mie Sedaap karena Mengandung Pestisida Etilen Oksida, Wings Food Menyangkal

Tanggapan Perusahaan Mie Sedaap

Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil membantah produknya, Mie Sedaap varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken, mengandung etilen oksida (EtO).

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," kata Sheila, Kamis (6/10).

Ia juga memastikan produksi Mie Sedaap dari seluruh lini proses dan produk, tidak menggunakan EtO tersebut dan mie yang beredar telah memenuhi standar pangan yang ada.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x