Kompas TV advertorial
advertorial

40 Tahun Dedikasi Universitas Terbuka Sediakan Pendidikan Terjangkau dan Fleksibel Bagi Bangsa

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 11:00 WIB
40-tahun-dedikasi-universitas-terbuka-sediakan-pendidikan-terjangkau-dan-fleksibel-bagi-bangsa
Pada 4 September 1984 menjadi momentum bersejarah lahirnya suatu Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yaitu Universitas Terbuka (UT). (Sumber: Dok. Universitas Terbuka)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Pada 4 September 1984 menjadi momentum bersejarah lahirnya suatu Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yaitu Universitas Terbuka (UT). Saat itu, Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1984 sebagai landasan berdirinya UT.

Berpuluh tahun UT konsisten dalam memperjuangkan pendidikan bangsa Indonesia. Salah satu pencapaian luar biasa dari perjuangan tersebut yaitu adanya transformasi UT menjadi PTN-BH yang secara resmi disahkan pemerintah melalui PP No. 39 Tahun 2022 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka.

Disinilah menjadi penanda bahwa UT sejajar dengan PTN terbaik lainnya, seperti UI, UGM, ITB, dan IPB.

Salah satu tujuan pendirian UT adalah mengatasi ledakan lulusan SLTA yang tidak dapat terserap baik dalam dunia kerja maupun perguruan tinggi. 

Selain itu, pendirian UT dimaksudkan untuk menjawab dua isu besar dalam dunia pendidikan masa itu, yakni rendahnya mutu atau kualitas guru serta terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. 

Berdirinya The Open University di Inggris menandai peningkatan semangat gerakan pendidikan terbuka dan jarak jauh yang mulai menggema di kancah dunia.

Tak terkecuali Indonesia melalui Universitas Terbuka yang mengusung semangat akses pemerataan pendidikan tinggi di kancah nasional.

Ketika UT diresmikan, Presiden memberikan mandat bahwa UT didirikan dengan sejumlah tujuan, yaitu:

  • Dapat menampung calon mahasiswa yang tidak lulus Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru);
  • UT harus dapat menjangkau yang tidak terjangkau, terutama bagi masyarakat di wilayah 3T dengan biaya kuliah yang terjangkau;
  • Memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat yang telah bekerja untuk meneruskan pendidikannya di tingkat pendidikan tinggi.

Memasuki usia ke-40 di tahun 2024, Universitas Terbuka semakin memperkuat komitmen sebagai penyelenggara pendidikan jarak jauh berbasis sistem pendidikan online yang berkualitas.

Pada tahun ini juga, UT telah berhasil mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) “A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca Juga: Universitas Terbuka Jakarta Makin Terdepan dalam Inovasi Pembelajaran Online Fleksibel & Berkualitas

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. selalu menegaskan, “Kualitas adalah pilar terpenting UT dan akan terus dipertahankan untuk ke depannya”.

Selama 40 tahun, UT memposisikan diri sebagai kampus online berkualitas sekaligus pelopor cyber university dengan sistem pendidikan fleksibel serta biaya terjangkau. 

Berikut adalah sejumlah fakta tentang kualitas Universitas Terbuka Jakarta.

  1. UT Jakarta merupakan PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) setara dengan UI, UGM, ITB, Unpad, dan sebagainya;
  2. Terakreditasi Nasional BAN-PT dan tersertifikasi ICDE (sertifikasi untuk Lembaga pendidikan dengan sistem pendidikan jarak jauh);
  3. UT Jakarta dipercaya oleh 68.700 mahasiswa karena sistem pendidikan jarak jauh yang fleksibel. Total mahasiswa UT seluruh Indonesia mencapai 550.050;
  4. Lebih dari 80 persen mahasiswa UT Jakarta adalah pekerja, baik di instansi sektor formal dan non formal;
  5. UT menjadi Perguruan Tinggi dengan lulusan paling banyak lolos seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil);
  6. Empat Program Studi di UT Jakarta telah mendapatkan akreditasi FIBAA (the Foundation for International Business Administration Accreditation).

Bermodalkan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal di Universitas Terbuka meliputi registrasi, tutorial hingga sistem ujian membuat kualitas sistem pendidikan jarak jauh UT tidak perlu diragukan lagi.

Selama 40 tahun, UT memposisikan diri sebagai kampus online berkualitas sekaligus pelopor cyber university dengan sistem pendidikan fleksibel serta biaya terjangkau. (Sumber: Dok. Universitas Terbuka)

Kini, Universitas Terbuka menawarkan 43 program studi yang terdiri atas 32 program sarjana, 2 program diploma, 7 program magister, dan 2 program doktor. 

Seluruh program studi di UT dinaungi di dalam empat fakultas, yakni Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

UT tidak hanya sekadar membawa amanah dalam pemerataan akses pendidikan yang ada di Indonesia, tetapi juga menjamin kualitas pendidikan tinggi. Selain kualitas unggul, sesuai mandat, UT juga harus dapat menjangkau dari berbagai level sosial ekonomi apapun. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x