Kompas TV advertorial
advertorial

Forum Transportasi Cerdas Terbesar Asia Pasifik Dorong Peningkatan Kualitas Transportasi Indonesia

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 17:43 WIB
forum-transportasi-cerdas-terbesar-asia-pasifik-dorong-peningkatan-kualitas-transportasi-indonesia
Indonesia menjadi tuan rumah forum berskala internasional The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum yang berlangsung 28 hingga 30 Mei 2024. (Sumber: Dok. The 19th Intelligent Transport System (ITS))
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia sekali lagi menjadi tuan rumah forum berskala internasional, The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum yang berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 Mei 2024.

Berlangsung di Jakarta Convention Center, forum ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas transportasi di Indonesia melalui Chair’s Statement yang akan dihasilkan dari High-level Roundtable yang akan dihadiri oleh perwakilan menteri dan pemimpin organisasi internasional.

“Chair’s Statement on Transformation towards Sustainable and Intelligent Urban Mobility” ini akan dilakukan oleh perwakilan dari negara-negara yang hadir seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, China, Jepang, Korea Selatan, New Zealand, Malaysia dan Singapura.

Selain itu, terdapat pula organisasi internasional seperti UNESCAP, ASEAN, World Bank, Asian Development Bank, dan European Investment Bank.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Konferensi Pers ITS Asia Pacific
Forum (21/5) mengatakan, event ini rencananya akan dibuka oleh wakil presiden Republik Indonesia, duta besar negara asing di Jakarta, serta pimpinan organisasi internasional BUMN, BUMD dan sektor Swasta.

Menhub Budi menambahkan, di pertemuan ini akan dilakukan pertukaran pengetahuan, best practice, pengalaman terkait penerapan intelligent transport system di Asia-Pacific, termasuk eksplorasi mekanisme pendanaan dalam penerapan intelligent transport system untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan. 

"Selain itu, penerapan sistem transportasi cerdas juga sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas menuju 2045,” pungkasnya.

ITS Asia Pacific Forum yang diadakan setiap 2 tahun ini juga akan mempertemukan pemerintah, pelaku industri serta ahli di industri transportasi dari seluruh dunia dalam belasan forum yang akan menghadirkan lebih dari 50 pembicara nasional dan internasional yang mengisi kegiatan ini, seperti Menteri Perhubungan Singapura, Jepang, dan Korea.

Melengkapi kerjasama antar negara, forum ini juga akan meluncurkan “Jakarta Initiative on
Sustainable and Intelligent Urban Mobility”.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x