Kompas TV video vod

300 Kepala Desa Ikuti Paralegal Justice Award 2024 - MA NEWS

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 13:12 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahkamah Agung bekerja sama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham kembali mengadakan Paralegal Justice Award 2024.

Kegiatan yang diikuti 300 kepala desa dan lurah di Indonesia ini diharapkan, dapat membantu menyelesaikan berbagai persoalan hukum di daerahnya masing-masing.

Paralegal Justice Award 2024 digelar di Auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cinere, Limo, Depok, Jawa Barat.

Selain melibatkan Mahkamah Agung dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham, kegiatan yang kedua kalinya ini juga melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa PDTT dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Kegiatan ini merupakan pemberian anugerah kepada kepala desa, lurah yang telah berperan aktif dalam menyelesaikan setiap perkara di masyarakat secara non litigasi dan inklusif.

Nantinya, 300 kepala desa, lurah akan diberikan penguatan kapasitas dan pengetahuan soal penyelesaian sengketa permasalahan hukum di masyarakat melalui kegiatan Paralegal Academy.

Kegiatan digelar untuk menghidupkan kembali peran kepala desa dan lurah sebagai hakim perdamaian adat dalam menangani perkara hukum di desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Baca Juga: Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Bandung – MA NEWS

#paralegalacademy #mahkamahagung #manews



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x