Kompas TV video sinau

Apa itu Foto Bokeh dan Seklumit Teknik Memotretnya

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 15:01 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Pada era digital seperti ini belajar tentang fotografi menjadi hal yang tidak sulit. Informasi amat mudah untuk diakses. Salah satunya tentang istilah foto bokeh. Mari awali dulu dengan mencoba mengerti apa itu bokeh. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang, cara mengucapkan kata bokeh adalah  "boh-kay". Arti dari kata bokeh ini adala buram atau berkabut.

Foto bokeh dihasilkan dari, perbedaan jarak dengan objek. Artinya  jarak antara obyek terdekat dalam fokus kamera dan obyek terjauh dalam foto. Jika pada kamera bokeh dihasilkan dari bukaan lensa, dikenal dengan f number, f number ini sangat memengaruhi hasil foto yang yang bokeh. Beberapa lensa dengan bukaan berikut kerap menjadi ‘’andalan”untuk foto yang bokeh. Mulai dari bukaan lensa  f/2.8, f/2, f/1,8 f/1,4. Semakin besar bukaan lensa semakin bokeh foto yang dihasilkan. Selain itu yang berpengaruh adalah ,focal length lensa atau jarak antara bagian tengah optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor kamera. Semakin panjang focal length maka semakin bokeh foto yang diinginkan.

Memilih latar belakang yang tepat juga harus diperhatikan, agar mendapat foto bokeh yang menarik. Bisa memilih pepohonan yang rimbun dengan semburat cahaya matahari, atau indahnya cahaya kota pada malam hari. Bisa jadi referensi untuk latar belakang foto bokeh. 

Baca Juga: Tetap Setia dengan Fotografi Analog

https://www.kompas.tv/article/108793/tetap-setia-dengan-fotografi-analog

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x