Kompas TV tekno aplikasi

Ada yang Baru di Twitter, Kini Fitur Closed Caption Menambah Kenyamanan Pengguna

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 09:06 WIB
ada-yang-baru-di-twitter-kini-fitur-closed-caption-menambah-kenyamanan-pengguna
Tangkapan layar tweet dari @TwitterSupport, Rabu (15/12/2021), yang menginformasikan bahwa kini di Twitter telah ada fitur closed caption untuk setiap video yang dibagikan para pengguna. (Sumber: Twitter/@TwitterSupport)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fitur baru berupa teks keterangan audio atau closed caption (CC) untuk video kini telah hadir di Twitter sejak kemarin, Rabu (15/12/2021).

Fitur baru ini memungkinkan pengguna melihat audio dialog dalam format teks secara otomatis ketika menonton video di linimasa Twitter.

Lebih dari itu, closed caption tersebut juga dapat menampilkan informasi interpretatif lainnya dari audio yang ada di dalam video. Termasuk suara latar belakang, deskripsi musik, atau isyarat audio lainnya.

Twitter Accessibility melalui akun resminya, @TwitterA11y, menuturkan bahwa cara untuk mengaktifkan fitur closed caption itu sangatlah mudah.

Baca Juga: CEO Baru Twitter Berdarah India, India Jadi Negara Pencetak CEO Perusahaan Raksasa Dunia?

"Mulai hari ini, semua video akan diberi teks keterangan otomatis. Untuk melihatnya, aktifkan teks di pengaturan perangkat seluler Anda, atau pilih tombol CC di Web," kicauan akun @TwitterA11y, Rabu.

Kemudian, terkait dukungan bahasa dalam fitur tersebut, sementara ini masih terbatas hanya untuk 30 bahasa. Mulai dari Bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, Arab, Thailand, China, Hindi, dan beberapa bahasa yang lain.

Tapi, menurut pantauan KOMPAS TV hingga artikel ini dibuat, dukungan Bahasa Indonesia belum tersedia di fitur closed caption Twitter.

Namun, fitur caption untuk video ini sebetulnya bukanlah sesuatu yang sangat baru karena Twitter sudah pernah menghadirkannya.

Bedanya dengan yang sekarang, fitur closed caption Twitter dulu mesti diisi secara manual oleh si pembuat tweet dengan menyertakan file caption dalam format SRT pada video yang diunggahnya.

Baca Juga: Kekayaan CEO Twitter yang Baru 'Cuma' Secuil Dibanding Harta Jack Dorsey



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x