Kompas TV saintek teknologi

Dampingi Presiden Jokowi Resmikan IDTH, Menkominfo Budi: Laboratorium Dilengkapi Fasilitas Canggih

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 10:02 WIB
dampingi-presiden-jokowi-resmikan-idth-menkominfo-budi-laboratorium-dilengkapi-fasilitas-canggih
Indonesia Digital Test House (IDTH) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tapos, Depok, Jawa Barat (Jabar), Selasa (7/5/2024). (Sumber: Dok. presidenri.go.id)
Penulis : Meirna Larasati

DEPOK, KOMPAS.TV – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tapos, Depok, Jawa Barat (Jabar), Selasa (7/5/2024).

Presiden Jokowi mengatakan, IDTH adalah pusat pengujian perangkat digital yang anggaran pembangunannya mencapai Rp980 miliar.

"Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu ya enggak kaget karena anggarannya gede. Dan saya tahu pengujian perangkat ini memiliki peran yang sangat krusial, seluruh perangkat digital diuji di tempat ini," kata Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia ini berharap, kehadiran IDTH sebagai transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) ini dapat membawa industri teknologi Indonesia menjadi pemain kunci di dunia.

"Saya tekankan, (dengan IDTH) kita tidak boleh hanya menjadi pengguna teknologi saja, kita tidak ingin menjadi pasarnya mereka, kita ingin menjadi pemain kunci dalam rantai pasok teknologi global. Dan, tentu saja ini harus ada keberanian, harus ada terobosan-terobosan yang kita lakukan," ujar Jokowi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang hadir mendampingi Presiden Jokowi menyatakan, IDTH adalah pusat pengujian perangkat digital dan telekomunikasi terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara.

“Laboratorium ini, bahkan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih berkelas internasional yang mampu menguji fitur-fitur perangkat digital, seperti fitur telekomunikasi radio frekuensi, electromagnetic compatibility (EMC), electrical safety, dan specific absorption rate (SAR), “ kata Budi Arie.

Budi Arie berharap, kualitas pengujian di IDTH dapat memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di Indonesia. 

Baca Juga: Resmikan IDTH BBPPT, Presiden Jokowi: Saya Harap Bisa Perkuat Ekosistem Teknologi Digital Lokal

Adapun, perangkat-perangkat yang bisa diuji di IDTH, antara lain laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi (TV) digital, handy talky (HT), radar, perngakat digital yang tersemat pada kendaraan listrik, serta perangkat telekomunikasi lainnya.

Dengan begitu, harap Budi Arie, Indonesia bisa melakukan standarisasi produk-produk ekspor dan impor, sehingga dapat menjamin interoperabilitas dan perlindungan interferensi antar perangkat.

Sebagai informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2023, telah menguji 644 fitur di fasilitas laboratorium IDTH BBPPT itu.

Kapasitas pengujian pun meningkat menjadi total 1.600 fitur pada 2024 dan pada 2025-2026 diperkirakan akan mencapai 5.000 pengujian per tahun.

“Hal ini disebabkan karena adanya penambahan perlengkapan dan pengembangan teknologi yang kami lakukan,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi (tengah) di Indonesia Digital Test House (IDTH). (Sumber: Dok. presidenri.go.id)

Selain didampingi Menkominfo Budi Arie, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam peresmian IDTH ini.

Dukung Visi Indonesia Digital 2045



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x