Kompas TV religi beranda islami

Teks Khotbah Jumat dari Kemenag: Keutamaan 10 Muharam 1446 H

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 07:29 WIB
teks-khotbah-jumat-dari-kemenag-keutamaan-10-muharam-1446-h
Contoh khotbah Jumat 12 Juli 2024 (Sumber: Freepik)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut contoh khotbah Jumat hari ini, 12 Juli 2024 bagi yang membutuhkan.

Salat jumat merupakan salah satu ibadah wajib bagi laki-laki. 

Adapun khotbah Jumat merupakan bagian dari ibadah salat Jumat dan dilaksanakan sebelum menunaikan ibadah salat Jumat

Di bulan Muharam 1446 Hijriah ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik seperti puasa, bersedekah, salat sunah dan lainnya.

Berikut khotbah Jumat dengan tema keutamaan bulan Muharam, salah satunya puasa Asyura yang dilaksanakan 10 Muharam.

Baca Juga: Niat Puasa Muharam 2024 Hari ke-1 sampai 10, Lengkap dengan Keutamaannya

Khotbah Jumat ini ditulis oleh  Muhammad Barir yang dikutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag)

KHOTBAH I

الحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ له ومن يضلل فلا هادي له. أشْهَدُ أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لا لي بَعْدَه. اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
أَمَّا بَعْدُ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَوصِيكُمْ وَإِيَّايَ يتقوى الله فقد فاز المتمون قال الله تعالى في كتابه الكريم: يا أيها الذين عاملوا القوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتُمْ مُسْلِمُونَ. وَقَالَ أَيْضًا : إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ النَا عَشَرَ شَهْرًا في كتُبِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah Swt.
Alhamdulillah, segala puja dan puji hanya untuk Allah, Dzat yang memberikan kita karunia dengan berbagai kenikmatan, baik iman, Islam, ihsan, juga nikmat kesehatan dan ketergerakan hati untuk kebaikan. Sholawat beriring salam semoga tercurahkan selalu sepanjang masa untuk baginda Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing diri kita untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. 

Pada kesempatan ini, tak lupa khatib berwasiat kepada diri khatib sendiri juga kepada para jamaah sekalian untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah Swt. dengan menjalankan apa yang diperintahkan-Nya dan sekuat tenaga menjauhi apa yang dilarang- Nya.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah Swt.
saat ini kita sudah memasuki bulan Muharram, Tahun Baru Islam. Muharram menjadi salah satu di antara asyhurul hurum atau bulan-bulan yang dimuliakan. Di antara asyhurul hurum adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. 

Selain itu asyhurul hurum dalam Tafsir Ibnu Katsir juga dimaknai dengan bulan yang diharamkan perang. Hal tersebut karena keistimewaan dan mulianya bulan ini sehingga tidak diperkenankan untuk berperang. Keistimewaan asyhurul hurum ini dijelaskan dalam Al Qur'an:

بايُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَايز الله ولا الشهر الحرام ولا الهدي ولا القلاية ولا أمين البيت الحرام
يبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنْ تَقِيمُ وَرِضْوَانًا

"Wahai orang-orang yang beriman. Jangan engkau langgar syiar-syiar ajaran Allah serta jangan engkau langgar asyhurul hurum, jangan kau ganggu hewan kurban dan hewan kurban yang ditandai, serta jangan pula mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitul haram. Mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya.. (Al-Maidah 5:2). 

Kemudian dalam ayat yang lain dijelaskan:

ان عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا في كتب اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ بِذَلِكَ الدين القَيمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ الفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَالة كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ
الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram." 

"Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (Q.S. At-Taubah 9: 36).

Baca Juga: Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2024? Ini Jadwal Puasa Muharam 1446 Hijriah



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x