Kompas TV religi beranda islami

Aturan Baru dari Arab Saudi, Visa Ziarah Tidak Bisa Masuk Makkah hingga 15 Zulhijah

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 11:45 WIB
aturan-baru-dari-arab-saudi-visa-ziarah-tidak-bisa-masuk-makkah-hingga-15-zulhijah
Ilustrasi salat di Makkah. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

MAKKAH, KOMPAS.TV - Otoritas Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru yang melarang pemegang visa ziarah dalam berbagai jenisnya untuk masuk dan tinggal di Makkah mulai dari 15 Zulkaidah hingga 15 Zulhijah 1445 H.

Menurut Direktur Layanan Haji Luar Negeri, aturan ini melengkapi ketentuan sebelumnya yang berlaku bagi pemegang visa umrah.

Diketahui, pemerintah Arab Saudi telah menetapkan bahwa pemegang visa umrah hanya dapat memasuki Makkah hingga 15 Zulkaidah 1445 H atau 23 Juni 2024, dan harus sudah keluar dari Arab Saudi pada 29 Zulkaidah 1445 H atau 6 Juni 2024.

Baca Juga: 300 Petugas Haji Tambahan Tiba, Punya Tugas Khusus Dampingi Lansia

“Saya mendapat informasi, Saudi telah menerbitkan aturan baru bagi para pengguna visa ziarah. Disebutkan bahwa pengguna visa ziarah, dengan beragam jenisnya, sudah tidak bisa masuk ke Makkah dari 15 Zulkaidah – 15 Zulhijah 1445 H,” kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, di Makkah pada Kamis (30/5/2024).

“Saudi terus memperketat aturan masuk ke Makkah pada musim penyelenggaraan ibadah haji 1445 H. Saya kira ini bagian dari upaya Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan penertiban dalam rangka memberikan pelayanan terbaik baik bagi jemaah haji yang datang dari berbagai negara di dunia,” ujar Subhan.

Subhan Cholid juga mengimbau jemaah untuk tidak tergiur dengan tawaran haji secara non-prosedural menggunakan visa non-haji.

“Bagi jemaah yang saat ini sudah berada di Arab Saudi dan ingin masuk ke Makkah untuk berhaji, namun tidak memegang visa haji, hanya punya visa ziarah, sebaiknya tidak memaksakan diri. Sebab, itu tidak sesuai dengan ketentuan Arab Saudi,” kata Subhan.

“Bagi jemaah pengguna visa ziarah atau lainnya yang saat ini masih di Tanah Air, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk ke Arab Saudi dengan niat berhaji. Visa ziarah bisa digunakan untuk masuk ke berbagai kota di Arab Saudi, tapi tidak untuk ke Makkah sampai 15 Zulhijah 1445H. Jemaah bisa mendiskusikan hal ini dengan travelnya, termasuk jika ada rencana untuk membatalkan keberangkatannya,” kata Subhan.

Baca Juga: Petugas Haji Lakukan Skrining Terhadap Kesehatan Lansia Jelang Wukuf



Sumber : Kompas TV, Kemenag



BERITA LAINNYA



Close Ads x