Kompas TV regional berita daerah

Mantan Ketua Komisi 1 DPRD Bonbol Benarkan Adanya Janji Perusahaan Galian C & Warga di Kabila Bone

Kompas.tv - 14 September 2024, 10:46 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV - Polemik keberadaan tambang batuan galian C yang berada di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango kian menjadi sorotan.

Pasalnya warga setempat telah berulang kali melakukan gerakan untuk menyampaikan tuntutan dan meminta janji janji perusahaan yang tak pernah direalisasikan.

Bahkan, warga pun sudah melakukan aksi blokade jalan menuju perusahaan sebanyak 2 kali di lokasi yang berbeda.

Sayangnya apa yang disampaikan warga tak direspon baik oleh pihak perusahaan.

Mirisnya, pihak perusahaan justru mengelak bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi bukan dari aktivitas perusahaan.

Tak hanya itu, sebelumnya pihak perusahaan pun dengan tegas mengatakan bahwa tidak pernah ada janji atau kesepakatan antar perusahaan dengan warga setempat.

Sejak awal masuknya perusahaan ini, warga telah berupaya membawa masalah ini ke DPRD Bone Bolango, sehingga melahirkan beberapa kesepakatan yang harus dilakukan oleh perusahaan setelah beroperasi.

Mantan Ketua Komisi 1 DPRD Bone Bolango, Amran Mustapa yang saat itu menangani dan menerima aduan warga membenarkan adanya kesepakatan atau janji yang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan.

Amran Mustapa pun menyayangkan pernyataan pihak perusahaan yang mengaku tak pernah memberi janji atau kesepakatan dengan warga.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Evaluasi Pihak Sekolah Buntut Dugaan Pesta Miras dan Perundungan

Sikap dan respon perusahaan dinilai menunjukan adanya wanprestasi atau tindakan melanggar perjanjian atau kesepakatan yang ada.

Mantan ketua Komisi 1 DPRD Bone Bolango ini pun membeberkan bahwa ada beberapa poin yang menjadi kesepakatan saat itu, diantaranya pembangunan masjid, pemberdayaan masyarakat, perbaikan aliran sungai,penguatan bantaran sungai hingga pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya.

Pihak perusahaan pun diharapkan dapat lebih memperhatikan kondisi lingkungan dan masyarakat setempat, melalui CSR perusahaan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Amran juga bilang, bahwa sejak awal, wilayah Kabila Bone akan menjadi wilayah dengan konflik tata ruang yang kompleks sehingga aspek lingkungan harus benar benar dipertimbangkan.

 

#galianc

#mantanaleg

#kabilabone

#bonebolango

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x