Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sop Dengkil, Kuahnya Bikin Nagih Dagingnya Empuk

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Bila anda liburan di Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Warung Makan Raos Ibu Chamdi yang berada di sekitar bekas Pabrik Gula Pangkah Tegal.

Warung makan hidden gem ini sudah berdiri lebih dari 25 tahun dan tak pernah sepi pelanggan khususnya pada saat jam makan siang. Warung ini menyediakan menu yang patut dicoba, salah satunya yaitu menu spesial sop dengkil kambing. 

Pengunjung warung makan raos ini, sebagian besar sudah langganan. Menurut mereka, yang menyebabkan ketagihan adalah empuknya daging.

“ini kesannya cukup enak dan memang sop dengkilnya ini sangat empuk sehingga cita rasanya luar biasa. Yang menarik buat saya yaitu kuahnya, memiliki cita rasa yang berbeda dari yang lain dan kaya akan rempah,” tutur Sukarsono, penikmat kuliner.

Sementara itu hal yang sama juga diungkapkan oleh Remon, pelanggan sop dengkil asal Tarub.

“Sangat enak sekali, dari segi rasa, sari kuah, hingga empuknya daging, baik muda maupun tua bisa menikmati. Tempat lain masih belum ada apa-apanya. Disini saya sudah langganan lama sekali,” jelas Remon, Pelanggan asal Tarub.

Menurut pemilik warung makan, Ani Setianingrum, untuk memasak daging dengkil kaki kambing hingga terasa empuk, dibutuhkan waktu 4-5 jam untuk merebusnya. Sedangkan  untuk bumbu atau rempah, tidak beda jauh dengan cara membuat  sop pada umumnya.

“Alhamdulillah sampai sekarang orang lebih suka sop dengkil yang disini. Proses masaknya, kaki kambingnya dari sana sudah dibakar nanti direbus dulu sekitar 4-5 jam terus masuk kuah kaldu,” kata Ani.

Bagi yang ingin mencicipi sop dengkil kambing lengkap dengan nasi dan minum, anda perlu merogoh kocek Rp42.000. Dalam sehari warung makan ini mampu mejual 50 hingga 100 porsi sop dengkil kambing.

#sopdengkilkambing #tegal #kuliner




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x