Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bertahan Hidup, Istri Nelayan Buat Olahan Ikan Bandeng

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 17:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Kelompok ibu nelayan di Desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tengah sibuk mengolah ikan bandeng yang akan dibuat menjadi aneka masakan. Aktivitas ini sudah dilakukan ibu-ibu nelayan beberapa tahun terakhir, karena mereka tidak bisa lagi menggantungkan hidup dari hasil suaminya melaut.

Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga ibu-ibu nelayan ini membuat masakan bandeng presto dan otak-otak bandeng, yang nantinya akan dijual kepada warga sekitar. Sebelumnya, mereka juga pernah membuat ikan asap dan abon ikan dari hasil melaut. Namun, karena hasil tangkapan para nelayan terus menurun, mereka tidak punya bahan baku untuk diolah lagi.

Untuk mengolah bandeng, kelompok ibu nelayan ini akhirnya memberanikan diri untuk membeli alat pendingin, untuk menyimpan ikan bandeng agar tahan lama. Pelan-pelan, kini usaha mereka mulai berjalan dan bisa membantu perekonomian keluarga.

“Karena memang hasil dari laut tidak bisa ditentukan, ngga ada hasil sama sekali. Akhirnya menumpuk utang. Alhamdulillah, setelah kita memiliki usaha ini, sedikit demi sedikit kita bisa jalan terus,” ucap Tri Ismiyati, istri nelayan Bandungharjo.

Meski demikian para ibu nelayan ini berharap pemerintah bisa memberikan bantuan modal usaha dan pemasaran produk mereka agar bisa dikenal masyarakat luas.

#nelayan #ekonomi #jepara




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x