Kompas TV regional papua maluku

Satgas Damai Cartenz Sebut Pilot asal Selandia Baru Dibunuh KKB, Beberkan Bukti-Bukti

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 22:55 WIB
satgas-damai-cartenz-sebut-pilot-asal-selandia-baru-dibunuh-kkb-beberkan-bukti-bukti
Dalam foto yang dirilis pada Kamis (8/8/2024), Satgas Ops Damai Cartenz-2024 tampak melakukan olah TKP dalam kasus pembunuhan pilot Glen Malcolm Conning. Satgas membeberkan bukti-bukti keterlibatan KKB dalam pembunuhan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut. (Sumber: Dok. Satgas Operasi Damai Cartenz 2024)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 menduga pembunuhan pilot helikopter PT Intan Angkasa Air Service, Glen Malcolm Conning, di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani membeberkan bukti-bukti yang mendukung dugaan mereka tentang keterlibatan KKB dalam pembunuhan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

"Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 saksi dan dari keterangan mereka yang melihat, mendengar dan menyaksikan terjadinya pembunuhan terhadap pilot Glen, telah kami identifikasi bahwa diduga pelakunya adalah KKB dari Nduga," kata Faizal dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Kamis (8/8/2024).

Ia mengatakan, menurut keterangan para saksi, terduga pembunuh pilot tersebut berbicara dengan logat dan bahasa yang diduga kuat dari daerah Nduga.

Faizal menambahkan, berdasarkan keterangan saksi, mereka melihat anggota KKB sudah berada di area tempat kejadian perkara (TKP) selama satu minggu ke belakang.

Dia mengatakan setidaknya anggota KKB tersebut berjumlah lima orang. Empat di antara mereka, kata Faizal, membawa senjata api laras panjang dan satu membawa parang.

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol. Bayu Suseno mengatakan berdasarkan hasil olah TKP, pihaknya menemukan sembilan lubang bekas peluru di badan helikopter yang dipiloti Glen.

Lubang-lubang bekas peluru tersebut, lanjut Bayu, ditemukan pada kaca atas, bagian rotor, baling-baling, dan ekor helikopter.

"Selain itu, kami juga menemukan 6 selongsong peluru kaliber 5,56 mm di sekitar helikopter tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Olah TKP Pembunuhan Pilot di Mimika, Satgas Damai Cartenz: Ada 9 Lubang Peluru di Helikopter

Ia mengatakan jenazah Glen ditemukan di dalam kokpit helikopter sebelah kiri.




Sumber : Kompas TV/Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x