Kompas TV regional jabodetabek

Fajri, Pria Obesitas Berbobot 300 Kg Dievakuasi ke RSCM Pakai Truk BPBD Tangerang

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 08:50 WIB
fajri-pria-obesitas-berbobot-300-kg-dievakuasi-ke-rscm-pakai-truk-bpbd-tangerang
Fajri (27), pria obesitas berbobot hampir 300 kg dirujuk ke RSCM, Jumat (9/6/2023) (Sumber: Tangkapan KompasTV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fajri (27), pria berbobot hampir 300 kilogram, dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dengan menggunakan truk pada Jumat (9/6/2023) malam.

Fajri dirujuk ke RSCM karena RSUD Kota Tangerang belum memiliki dokter spesialis Digestif dan Kardiovaskuler.

Fajri terpaksa dievakuasi ke RSCM menggunakan truk dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang lantaran tidak bisa diangkut dengan menggunakan ambulance.

Proses pemindahan pasien dari tempat perawatan menuju kendaran berlangsung dramatis, dua alat forklip pun digunakan untuk menaikkan dan menurunkan tubuh pasien.

Evakuasi tersebut melibatkan anggota Damkar Jakarta Pusat, Damkar Tangerang, Basarnas, hingga sejumlah perawat dari RSCM.

Baca Juga: Evakuasi Dramatis Pria Berbobot 300 Kg di Tangerang, Petugas Gunakan Forklift Hingga Jebol Pintu!

"Dari Basarnas 10 orang, dari Damkar Jakarta Pusat ada 9 orang, kemudian dari Damkar Tangerang 6 orang, kemudian dibantu sama PUPR dan dari security RSCM dan perawat serta dokter," kata Petugas Damkar Jakarta Pusat, Kasno dalam laporan jurnalis KompasTV Eka Marlupy.

Saat dilakukan proses evakuasi, para petugas harus hati-hati mengingat kaki kanan Fajri dalam kondisi membengkak karena luka akibat pernah kecelakaan.

Ruas lorong rumah sakit yang kecil hingga melewati tangga jalan juga menjadi salah satu kendala saat evakuasi. Namun setelah satu jam, Fajri akhirnya naik truk yang telah disediakan.


Pihak RSCM mengatakan, usai membaca rekam medis dari RSUD Tangerang, nantinya akan dibentuk tim dokter mulai dari spesialis gizi hingga penyakit dalam untuk membantu menyembuhkan Fajri.

"Saat ini pasien dalam kondisi stabil masih dalam pemeriksaan awal tim medis dan perawat," kata dokter RSCM dr. Septo Sulistio.

Sebelumnya, viral seorang pria di Tangerang mengalami obesitas hingga berbobot hampir 300 kilogram, kaki kanannya terlihat dalam kondisi luka.

Baca Juga: BPBD Turunkan Forklif Bantu Evakuasi Pria Berbobot 300 Kg di Tangerang

Direktur Utama, RSUD Kota Tangerang yakni dr O.U Taty Damayanti mengatakan Fajri selama 8 bulan tidak pernah beranjak dari kasurnya.

“Secara urutan kronologis, 8 bulan terakhir ini Fajri terbujur di kasur tidak bisa beraktivitas apa-apa. Sebelumnya, potensi obesitas sudah ada karena bobot tubuhnya sudah di angka 120 kilogram, pada 8 bulan lalu. Karena tidak ada aktivitas, tiduran saja di situlah terjadi peningkatan berat badan yang berlebih hingga kini diperkirakan di atas 250 kilogram,” katanya.*



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x